Jajanan Pasar Khas Indonesia yang Menjadi Favorit Banyak Orang

Jajanan Pasar Khas Indonesia yang Menjadi Favorit Banyak Orang

Bahas jajanan pasar, 1 jajanan pasar favoritmu apa? Banyak orang yang akan menjawab lemper, putu & serabi. Ketiga jajanan pasar tersebut menjadi makanan kegemaran bagi hampir semua orang. Untuk di makan pagi hari, jadi cemilan setelah makan siang sampai hidangan penutup di malam hari pun juga bisa dimakan.

Dok. Freepik

Jajanan pasar atau makanan tradisional khas Indonesia ini bisa dikatakan mudah untuk ditemui di berbagai tempat, dari pasar tradisional, pasar swalayan, pedagang keliling di tepi jalan sampai beberapa kafe-kafe pun menyediakan atau menawarkan jajanan pasar lho. 

Jenis jajanan pasar sendiri pun beragam mulai dari asin gurih, manis, asam serta pedas. Sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Kalau membahas harga pun beragam, tergantung dimana kamu membelinya. Di pasar tradisional 1 jajanan pasar bisa kamu beli dengan harga IDR 3000, beda lagi kalau kamu membelinya di kafe bisa saja 1 jajanan pasar seperti pastel bisa seharga IDR 10.000. 

Dok. Pinterest

Berikut sederet jajanan pasar khas Indonesia yang jadi favorit banyak orang. Kira-kira jajanan pasar yang sering kamu beli masuk ke dalam kategori jajanan pasar yang di favoritkan? 

1. Lemper

Tanpa lemper hidup seperti ada yang hampa ya! Jajanan pasar yang satu ini bisa disebut sebagai cemilan yang tak hanya lewat dalam perut saja alias bisa mengenyangkan. Kenapa? Karena lemper terbuat dari ketan beras yang jika kita konsumsi 2 - 3 lemper perut pun kenyang. Ketan beras ini berisikan ayam cincang yang dibalut dalam daun pisang.

2. Onde-onde

Jajanan pasar berbentuk bulat ini terbuat dari tepung terigu yang dengan biji wijen menyelimutinya. Ciri khas dari onde-onde berisikan kacang hijau, pada gigitan pertama gurihnya terdengar jika kamu menggorengnya hingga kering. Seiring perkembangan zaman onde-onde kini bisa kamu temui dengan isi yang beragam, dari coklat sampai dengan keju.

3. Pastel

Pastel makanan tradisional Indonesia yang nggak kalah enak dan banyak peminatnya! Gurih saat dimakan, biasanya berisi bihun, sayur-sayuran & telur. Dimakan bersama bumbu kacang buat rasa pastel semakin sempurna.

4. Putu

Ciri khas dari putu ialah dijual dengan gerobak dengan bunyi yang khas. Jajanan pasar warna hijau ini berisikan gula merah dengan taburan kelapa parut di atasnya. Menjadi cemilan pelengkap diminum dengan teh manis panas.

5. Serabi

Serupa tapi tak sama serabi hampir mirip dengan pancake ya. Setuju nggak? Jajanan pasar yang satu ini ada beberapa, pertama ada serabi bandung yang dibuat dari adonan tepung beras, kelapa parut & ragi yang biasa disantap dengan kuah yang dibuat dari santan & gula merah. Kedua, ada serabi Solo yang juga dibuat dari tepung beras namun untuk adonan ini dicampur dengan santan yang biasanya diberikan toping seperi coklat dan keju.