Wajib Coba! Deretan Makanan Khas Bandung yang Bikin Ngiler

Wajib Coba! Deretan Makanan Khas Bandung yang Bikin Ngiler

Jalan-jalan ke Bandung memang selalu menyenangkan. Tidak hanya terdapat banyak factory outlet dan beragam destinasi wisata yang menarik, kota yang mendapat sebutan Paris Van Java ini juga memiliki segudang makanan khas Bandung yang selalu berhasil memuaskan lidah dan perut para penikmat kuliner.

Jika kamu akan ke Kota Kembang dalam waktu dekat, maka jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas Bandung ya. Nggak hanya memiliki cita rasa yang enak dan unik, makanan khas Bandung ini juga akan bikin kamu ingin mengunjunginya kembali. Berikut rekomendasinya!

1. Mie Kocok

makanan khas bandung

Salah satu makanan khas Bandung yang selalu jadi sorotan adalah mie kocok. Mie kuning gepeng ini dilengkapi potongan kikil, sum sum, daun seledri, dan bawang goreng. Buat kamu pencinta pedas, wajib tambahkan sambal agar semakin nikmat.

2. Es Goyobod

makanan khas bandung

Penggemar dessert wajib coba yang satu ini. Memiliki tekstur mirip agar-agar, es goyobod punya banyak isian lain mulai dari tape, alpukat, kelapa muda, pacar cina, roti, dengan kuah santan dan diberi gula merah cair dan juga susu kental manis. Segar abis!

3. Surabi

makanan khas bandung

Jalan-jalan ke Koa Kembang tak lengkap rasanya jika tak menjajal surabinya. Buat kamu yang belum tahu, surabi dimasak dengan cara dibakar di atas tungku. Hasilnya, teksturnya begitu chewy dan rasanya sangat gurih. Ada berbagai topping yang bisa kamu pilih antara lain keju, cokelat, pisang, hingga durian.

4. Nasi Tutug Oncom

makanan khas bandung

Sesuai namanya, menu yang satu ini menggunakan nasi yang ditumbuk dan dicampurkan dengan oncom. Untuk lauk pelengkapnya, terdapat ayam goreng, tahu, tempe, dan sambal. Paling nikmat disantap saat hangat. Dijamin bikin kamu ingin nambah.

5. Batagor

makanan khas bandung

Makanan khas Bandung lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah batagornya. Berbahan dasar tepung kanji dan ikan, makanan yang disiram bumbu kacang ini paling cocok dijadikan camilan sore. 

6. Cuanki

makanan khas bandung

Kalau kamu penggemar makanan berkuah, makan cuanki jadi salah satu menu yang juga wajib kamu coba. Isiannya mirip dengan baso atau bakwan malang, hanya saja cuanki tidak menggunakan mie kuning maupun putih.

7. Colenak

makanan khas bandung

Terbuat dari peuyeum atau tape yang dibakar. Cara makannya, tape yang sudah dibakar tersebut dicelupkan pada gula merah yang sudah dilelehkan dan dicampur dengan parutan kelapa.