Wajib Coba, 5 Makanan Tradisional Bali yang Bikin Lapar!

Wajib Coba, 5 Makanan Tradisional Bali yang Bikin Lapar!

Siapa yang tidak tahu Bali? Salah satu kota di Indonesia itu punya banyak pesona kekayaan alam yang selalu jadi destinasi utama di kala liburan. 

Tidak cuma punya objek wisata yang melimpah, Bali juga terkenal dengan makanan khas daerahnya yang lezat. Sejarahnya, makanan khas Bali dipengaruhi oleh cita rasa masakan Cina, India dan Timur Tengah.

Tidak heran kalau kita akan sering menjumpai makanan dengan berbagai macam rempah seperti cabai, bawang merah dan minyak kelapa ketika mencicipi makanan khas Bali. 

5 makanan tradisional Bali di bawah ini gak akan bikin kamu nyesal untuk mencobanya!

1. Ayam Betutu

Makanan khas bali

  Pinterest.com

Makanan khas daerah Bali ini pasti sudah tidak asing di telingamu. Ayam betutu jadi salah satu primadona makanan tradisional yang banyak dicari ketika wisatawan berkunjung ke Bali!

Nama “Betutu” diambil dari campuran bumbu betutu yang dimasukkan ke dalam rongga badan ayam sebelum kemudian dimasak. Bumbu betutu adalah bumbu khas Bali yang terbuat dari daun jeruk, sereh, salam, kunyit, kemiri, jahe, bawang merah dan lain-lain. 

2. Sate Lilit

Makanan tradisional

     Pinterest.com

Satu lagi makanan khas Bali yang gak kalah lezat dan terkenal yaitu, sate lilit! 

Berbeda dengan sate lainnya yang kebanyakan berasal dari potongan daging ayam atau sapi, makanan tradisional sate lilit biasanya terbuat dari gililingan daging ayam atau daging ikan.

Kita juga tidak menyantap sate yang ditusuk dengan potongan kayu biasa! Setelah dicampur dengan kelapa parut, gilingan daging tadi kemudian dililit pada batang sereh yang tebal.

3. Serombotan

Makanan khas daerah

Pinterest.com

Serombotan adalah makanan tradisional Bali yang terbuat dari campuran sayur dengan bumbu khas. Ada kacang panjang, kangkung, buncis, terong bulat, tauge dan pare yang kemudian dicampur dengan 3 jenis bumbu berbeda.

Ada bumbu “Sambal Nyuh” atau sambal kelapa parut yang sedap dicampur lagi dengan bumbu kacang tanah. Bagi kamu yang suka pedas, bumbu terakhir ini sangat cocok di lidah yaitu bumbu “Unyah Sere Limo” yaitu bumbu cabai, garam, terasi dan perasan buah jeruk purut!

4. Sambal Matah

Makanan khas bali

Dok. Instagram.com/dyah_luvkitchen

Halo para penyuka makanan pedas! Sudah coba sambal lezat, sambal matah? ini bisa jadi makanan khas daerah Bali favoritmu!

Sambal matah adalah sambal yang terdiri dari campuran cabai, bawang merah, sereh dan minyak. Uniknya, semua disajikan dalam bentuk mentah alias tidak digoreng atau pun ditumis. Itu yang membuat sambal matah termasuk ke dalam sambal mentah. Sangat cocok untuk disajikan dengan nasi panas dan lauk pauk dari makanan khas Bali lainnya. 

5. Nasi Campur Bali

Makanan tradisional

Pegipegi.com

Sesuai dengan namanya, makanan khas daerah ini adalah campuran dari nasi dengan berbagai macam lauk pauk. Biasanya nasi campur Bali dihidangkan dengan makanan-makanan khas Bali seperti sate lilit, sambal matah dan jukut urap (sayur urap khas Bali). 

Nasi campur juga dilengkapi dengan hidangan nikmat lain seperti ayam suwir, teri kacang dan telur pindang. Semua disantap dengan nasi hangat yang lezat.