Wajib Coba! 5 Dessert Khas Aceh yang Bikin Kamu Ketagihan

Wajib Coba! 5 Dessert Khas Aceh yang Bikin Kamu Ketagihan

Dessert atau makanan penutup bagi sebagian orang menjadi makanan wajib usai menyantap makan besar. Kali ini Telusur Kultur ingin membahas dessert atau makanan manis yang berasal dari Aceh.

Biasanya dessert asal Aceh ini bisa dinikmati bersama secangkir kopi, dijamin makin sempurna! Berikut 5 makanan khas Aceh tepatnya makanan penutup manis yang wajib kamu coba. Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan jenis-jenis makanan di bawah ini. Yuk, simak artikelnya!

1. Kue Timpan

Makanan khas Aceh

Dok. Pinterest

Makanan khas Aceh pertama yang bisa kamu coba sebagai hidangan pencuci mulut yang pertama adalah kue timpan. Dibuat dari tepung ketan, kelapa parut, serta gula merah yang cara penyajiannya dikukus dalam daun pisang. Manis dan terasa lembut saat dimakan, selamat mencoba!

2. Kue Bingkang

Makanan khas Aceh

Dok. Pinterest

Di Aceh yang nggak kalah populer ada kue bingkang, terbuat dari tepung ketan, santan, gula hingga telur yang dibuat dengan cara dikukus. Namun juga ada kue bingkang yang terbuat dari singkong yang diparut halus. Yummy dimakan sore hari ya! 

3. Kue Bhoi

Makanan khas Aceh

Dok. Tastycraze

Kalau dilihat dari bentuknya sekilas tampak mirip jajanan pasar kue cubit ya? Tapi juga mirip Bungeo-ppang atau kue ikan asal Korea. Nah, kalau kue Bhoi terbuat dari bahan-bahan telur, gula pasir, tepung terigu, kayu manis serta pisang ambon. Setelah mencampur semua adonan kue tersebut dimasukan oven, kebayang kan rasa renyahnya dessert ketiga ini?

4. Kue Wajik

Makanan khas Aceh

Dok. Terbitkanbukugratis

Makanan khas Aceh keempat adalah kue wajik. Kue yang satu ini terbuat dari ketan, gula merah, santan, daun pandan serta buah durian. Teksturnya yang kenyal dan manis dengan aroma durian ini buat kamu nggak cukup hanya makan 1 potong.

5. Kue Keukarah 

Makanan khas Aceh

Dok. Republikwisata

Terakhir ada kue keukarah, cemilan manis ini terbuat dari campuran tepung & santan yang dibuat menggunakan batok kelapa yang berlubang. Biasanya paling nikmat menyantap kue keukarah bersama secangkir kopi hangat.