Unik dan Menggiurkan, Ini 5 Makanan Khas Papua yang Paling Populer

Unik dan Menggiurkan, Ini 5 Makanan Khas Papua yang Paling Populer

Berbicara soal makanan khas Nusantara memang nggak ada habisnya. Nggak hanya memiliki cita rasa yang menggiurkan, berbagai makanan khas daerah ini punya keunikannya sendiri lho. Entah itu karena rasa, bahan utama, atau filosofi di balik makanan itu sendiri. Semua selalu sukses mencuri perhatian para pencinta wisata kuliner.

Salah satu makanan daerah yang punya ciri tersendiri adalah makanan khas Papua. Yup, tidak hanya dikenal dengan budaya serta tempat wisatanya yang indah, Papua juga punya segudang menu yang akan bikin kamu ngiler. Penasaran apa saja? Yuk, simak rekomendasi makanan khas Papua di bawah ini!

1. Papeda

makanan khas papua

Makanan khas Papua pertama yang terkenal dan pastinya jadi favorit para warga lokal adalah papeda. Buat kamu yang belum tahu, papeda dibuat dari sagu dan memiliki tekstur yang kental cenderung padat sehingga sering dianggap sebagai pengganti nasi dan sebagai sumber karbohidrat. Papeda biasanya pun disajikan bersama lauk dan sayur.

2. Udang Selingkuh

makanan khas papua

Yup, makanan khas Papua yang satu ini memang memiliki nama yang cukup unik. Ternyata, dinamakan udang selingkuh karena udang yang dipakai memiliki bentuk capit yang menyerupai kepiting, sehingga sang udang dianggap ‘selingkuh’ dengan kepiting. Cara memasaknya pun cukup beragam, mulai dari saos tiram, saos asam manis, atau pun saos mentega. Tinggal pilih yang sesuai selera.

3. Ikan Bakar Manokwari

makanan khas papua

Pencinta ikan? Kamu wajib mencoba makanan khas Papua yang satu ini. Ikan bakar Manokwari biasanya menggunakan ikan tongkol yang dilumuri dengan air perasan jeruk nipis lalu dibakar. Ciri khasnya terletak pada sambal yang digiling kasar dan disajikan mentah. Cocok untuk kamu yang gemar makan makanan pedas.

4. Sagu Lempeng

makanan khas papua

Kalau yang satu ini merupakan kudapan favorit masyarakat Papua. Walaupun dulunya punya rasa yang cenderung tawar, namun seiring berkembangnya zaman, makanan khas Papua ini telah dimodifikasi dan ditambahkan berbagai macam topping seperti gula merah, kelapa, dan lainnya, sehingga memiliki rasa yang lebih lezat.

5. Kue Lontar

makanan khas papua

Makanan khas Papua yang satu ini juga tidak boleh kamu lewatkan. Terbuat dari tepung terigu, mentega, susu, dan vanili. Memiliki tekstur yang renyah di luar dan terasa lembut dan manis di dalam, banyak yang menyebut kue lontar mirip dengan pie susu.