Tips Traveling Menggunakan Kereta Api

Tips Traveling Menggunakan Kereta Api

raveling bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Saat melakukan traveling, kamu bisa menempuh perjalanan dengan berbagai pilihan transportasi, salah satunya kereta api. Bepergian menggunakan kereta api bisa biasanya dijadikan pilihan untuk traveling yang masih berada satu pulau dengan daerah kediamanmu. Namun sebelum memutuskan naik kereta api, nggak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips traveling saat menggunakan kereta api yang telah dirangkum di bawah ini.

 

1. Datang sebelum waktu keberangkatan

Menggunakan transportasi umum dengan pemesanan tempat duduk menggunakan tiket tentulah sudah dengan waktu yang ditentukan secara pasti. Jika terlambat atau melebihi waktu yang ditentukan, maka tiket bisa hangus sehingga sangat dianjurkan untuk datang sebelum waktu keberangkatan dengan tiba di stasiun paling tidak 30 menit sebelum kereta berangkat.

 

2. Membawa tas seperlunya

Kereta api memiliki space yang tidak terlalu luas tas sehingga sebaiknya membawa tas seperlunya. Usahakan tidak menggunakan banyak tas, hal tersebut akan membuatmu tidak nyaman karena barang bawaan yang begitu banyak. Jika perjalanan tidak memakan waktu lama Anda bisa menggunakan satu tas ransel dan satu tas kecil untuk membawa perlengkapan pribadi.

 

3. Tentukan posisi duduk

Sebaiknya hindari duduk dekat dengan bordes atau sambungan gerbong. Duduklah sesuai arah kereta perjalanan, misal kereta berjalan ke arah barat, maka usahakan memiliki posisi duduk yang menghadap ke barat juga. Posisi searah dengan laju kereta ini dapat menghindarkan dari rasa mual dan kamu juga dapat menikmati pemandangan diluar jendela menjadi lebih nyaman.

Penentuan posisi duduk untuk kenyamanan ini bisa direncanakan jika dapat memesan tiket jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan. 

 

4. Dekat dengan jendela 

Menikmati pemandangan adalah salah satu keuntungan saat melakukan traveling menggunakan kereta api. Selain memiliki manfaat dapat melihat pemandangan selama perjalanan, duduk dekat jendela juga memudahkan kamu menggunakan colokan listrik untuk keperluan charge handphone, atau kamera.

 

5. Gunakan pakaian yang nyaman

Saat melakukan traveling menggunakan kereta api dengan kurun yang lama, ruang gerakmu di dalam kereta api akan sangat terbatas sehingga sangat dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang nyaman. Jika perjalanan memakan waktu hingga malam hari, nggak ada salahnya menggunakan pakaian tidur.