Tips Solo Traveling Bali yang Aman dan Nyaman

Tips Solo Traveling Bali yang Aman dan Nyaman

Solo traveling kini menjadi salah satu pilihan ketika ingin healing sejenak dari rutinitas sehari-hari. Seperti namanya, solo traveling diartikan sebagai  melakukan perjalanan sendiri ke suatu tempat atau kota. Salah satu yang menjadi destinasi favorit solo traveling ialah Bali. Supaya tetap seru liburan sambil menikmati pemandangan di Bali sendirian, berikut tips solo traveling Bali dari Telusur Kultur. 

 

1. Persiapan rencana perjalanan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menjalani solo traveling, kamu perlu melakukan perencanaan perjalanan yang akan ditempuh. Walau kamu tipe traveler yang suka ke berbagai destinasi secara spontan, nggak ada salahnya membuat daftar beberapa kegiatan atau tempat yang akan jadi tujuanmu. Hal ini sangat memudahkan dalam berlibur.

 

2. Cek dokumen penting

Sebelum berangkat, sebaiknya memastikan kelengkapan berbagai dokumen penting yang harus dibawa. Beberapa dokumen penting yang wajib dibawa diantaranya seperti KTP, tiket perjalanan, dokumen penginapan dll. 

 

3. Manfaatkan teknologi yang dimiliki

Hidup di zaman teknologi yang sudah canggih saat berguna saat ingin solo traveling. Hal ini harus dimanfaatkan sebab bepergian seorang diri artinya kamu hanya mampu mengandalkan teknologi sebagai sebagai penolong dan membuat liburan semakin praktis.

 

4. Interaksi dengan penduduk lokal dan sesama wisatawan

Kamu bisa mendekatkan diri dengan penduduk lokal atau sesama wisatawan untuk mendapatkan berbagai informasi sehingga solo traveling tidak akan terasa sepi. 

 

5. Obat pribadi

Memutuskan untuk solo traveling artinya kamu wajib bertanggung jawab penuh atas diri sendiri. Kamu tidak bisa menggantungkan diri kepada orang lain sehingga hal yang nggak boleh kamu lupa untuk dibawa ialah obat-obatan pribadi. Obat ini wajib dibawa ketika sedang berpergian. Apalagi jika kamu memiliki riwayat penyakit pribadi, obat-obatan tersebut nggak boleh ketinggalan. 

 

6. Siapkan dana darurat

Walau sudah melakukan perencanaan keuangan, sebaiknya tetap bawa uang lebih sebagai dana darurat. Hal ini sangat berguna ketika mengalami keadaan di luar dugaan sehingga tetap aman dan nyaman ketika solo traveling.