Terbuat dari Singkong, Ini 5 Kue Basah Jajanan Pasar yang Masih Laris Hingga Kini

Terbuat dari Singkong, Ini 5 Kue Basah Jajanan Pasar yang Masih Laris Hingga Kini

Meski kini bermunculan berbagai jenis jajanan modern yang menggugah selera, namun jajanan pasar tetap memiliki tempat tersendiri di hati para penikmat kuliner nusantara. Salah satu yang membuat jajanan pasar memiliki ciri khas adalah karena bahan utamanya yang alami dan biasanya terbuat dari tepung beras, tepung ketan, jagung, ubi, pisang, kelapa dan yang tidak boleh ketinggalan adalah singkong.

Rasanya yang sederhana, namun tetap enak di lidah membuat jajanan pasar yang terbuat dari singkong jadi favorit banyak orang. Nah, di bawah ini adalah jajanan pasar yang terbuat dari singkong. Yuk simak, mungkin salah satunya ada favoritmu?

1. Combro

jajanan pasar

Combro adalah salah satu jajanan pasar yang terbuat dari singkong yang jadi favorit banyak orang. Combro memiliki rasa gurih dengan isian oncom. Bahan dan cara membuatnya sama dengan misro tetapi combro dibuat gurih dan pedas. Nama combro sendiri merupakan singkatan dari ‘Oncom dijero’ yang berarti 'Oncom di dalam'. Tidak selalu oncom, banyak penjaja gorengan membuat combro dengan isian tempe cincang yang pedas.

2. Misro

jajanan pasar

Jika kamu tahu combro, maka mungkin kamu sudah tidak asing dengan misro. Misro adalah gorengan dari singkong parut, ditambah parutan kelapa secukupnya dan sedikit garam kemudian dicampur rata sampai bahan dapat dipulung dan dibulatkan. Sebelum digoreng, di dalam adonan misro diberi isian gula merah dan setelah matang gula merah akan meleleh.

3. Getuk 

jajanan pasar

Getuk adalah singkong yang dikukus kemudian dihaluskan. Getuk biasanya dibuat pilihan dengan rasa orisinal yang diberi sedikit garam atau dibuat manis dengan menambahkan gula merah saat dihaluskan.

Untuk menikmati getuk, cukup taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus dan dibumbui sedikit garam. Tujuan pengukusan agar kelapa tidak mudah basi dan penambahan garam supaya kelapa menjadi lebih gurih.

4. Lemet

jajanan pasar

Lemet terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan gula merah, sedikit garam kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Jajanan ini simpel tetapi mengenyangkan. Rasanya manis, lembut, dan kenyal singkong.

5. Singkong goreng

jajanan pasar

Ya, singkong goreng adalah singkong yang digoreng, sesederhana itu dan belakangan ini muncul inovasi singkong goreng keju, yaitu singkong yang dibumbui dengan bawang putih dan ketumbar, kemudian di rebus, setelah matang dan lunak lalu digoreng dan disajikan dengan pilihan keju bubuk.