film indonesia

Tayang di Luar Negeri, Ini 5 Film Indonesia yang Sukses Mendunia

Menonton film merupakan kegiatan yang digemari oleh banyak orang. Terlebih lagi dunia perfilman tanah air mulai “unjuk gigi” akan kualitas dan kuantitas yang dipersembahkan untuk semua masyarakat Indonesia. Para sutradara pun sukses memproduksi berbagai film dengan berbagai genre yang selalu membuat penasaran para penikmatnya.

Nggak hanya sukses mencuri hati para moviegoers, film-film yang mereka buat pun sukses go international aka mendunia. Bahkan nggak sedikit yang sukses tayang di berbagai festival film intenasional bergengsi.  Apa saja filmnya?

1. The Raid Redemption

film indonesia

Dibintangi oleh Iko Uwais dan Joe Taslim, film ini bercerita tentang pasukan elit yang harus menyusup ke gedung tinggi yang dijalankan oleh gembong narkoba. Film ini pernah tayang di Festival Film Internasional Toronto dan mendapat banyak respon positif dari para kritikus, lho. 

2. Marlina: Si Pembunuh dalam Empat Babak

film indonesia

Film yang satu ini bercerita tentang seorang Marlina (Marsha Timothy), seorang yang mencari keadilan atas kasus pemerkosaan dirinya. Selain tayang di bioskop Indonesia, Marlina: Si Pembunuh dalam Empat Babak sukses ditampilkan di beberapa festival film internasional, salah satunya adalah Cannes Film Festival dan berhasil memenangkan penghargaan Grand Prize di Tokyo FilmEX Internasional Film festival pada 2017.

3. Kucumbu Tubuh Indahku

film indonesia

Kucumbu Tubuh Indahku mengisahkan seorang pemuda bernama Juno yang hidup seorang diri dengan menekuni Tari Lengger. Walaupun dianggap kontroversial karena membawa tema yang sensitif, namun film ini berhasil mewakili Indonesia di ajang penghargaan Academy Awards 2018 dan juga meraih Bisato D'oro Award dari Venice Independent Film Critic dan Film Terbaik di Festival Des 3 Continents.

4. Pengabdi Setan

film indonesia

Disutradarai oleh Joko Anwar, film bergenre horror ini sukses meraih predikat “Film Horor Terbaik” di Toronto After Dark Film Festival dan Overlook Film Festival. Pengabdi Setan juga sukses tayang di berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, hingga Amerika Serikat. Sudan nonton filmnya?

5. Gundala

film indonesia

Membawa tema superhero lokal khas Indonesia, film ini bercerita tentang Sancaka yang harus bertahan hidup seorang diri sejak ditinggal orang tuanya saat kecil dan mendapat super power setelah disambar petir. Gundala sempat ditayangkan di Toronto Internasional Film Festival dan Paris Internasional Fantastic Film Festival. Film ini juga masuk ke dalam nominasi Best Production Design di Asia Film Awards.