6 Kuliner Indonesia yang Sangat Mirip dengan Makanan Luar Negeri

6 Kuliner Indonesia yang Sangat Mirip dengan Makanan Luar Negeri

 

Wisata kuliner di Indonesia tak perlu diragukan lagi, begitu banyaknya makanan khas Indonesia mulai dari jajanan pasar sampai makan utama. Nggak heran turis mancanegara banyak yang ketagihan dengan makanan Indonesia saat berkunjung. Setiap kota memiliki makanan khasnya sendiri, seperti dari Bandung ada jajanan pasar Serabi yang jadi favoritnya atau asinan buah menjadi makanan penutup khas Bogor.

Tapi kalian tahu nggak sih? Banyak lho makanan khas Indonesia mirip dengan makanan dari luar negeri. Dari makanan jajanan pasar sampai makanan utama juga ada yang serupa tapi tak sama dari tampilannya. Menariknya, ada juga makanan yang rasanya mirip! Kira-kira kamu sudah pernah wisata kuliner makanan-makanan di bawah ini belum ya? Simak yuk enam makanan yang mirip di bawah ini.

1. Serabi & Pancake 

Pancake sudah ada sejak masa romawi dan jadi makanan khas dari warga timur Eropa sampai akhirnya berbagai negara mulai melahirkan pancake versi “negara-negara tersebut” yang dibuat dari adonan tepung terigu. Jika diluar negeri ada pancake, Indonesia memiliki serabi yang terbuat dari tepung beras. Rasanya sama-sama manis dan dicintai banyak orang.

2. Bubur Ayam & Risotto

Sama-sama terbuat dari beras, di Indonesia punya bubur ayam. Makanan utama yang satu ini sering ditemui di pagi hari atau makan pagi wajib masyarakat Indonesia. Kalau kamu suka dengan wisata kuliner, pasti sudah sering hunting bubur ayam enak di pagi hari! Selain dari beras, kesamaan dari kedua makanan ini ialah menggunakan kaldu. Bedanya, risotto yang berasal dari Italia ini jadi makan utama di siang atau malam hari dan kaldu yang digunakan tampak lebih creamy.

3. Asinan & Kimchi

Dari segi warna mirip, dari segi rasa asinan & kimchi juga mirip lho! Sama-sama kuat dengan rasa asamnya, tapi ada yang beda nih dari asinan & Kimchi. Kalau rasa asam pada asinan itu dibuat dari cuka serta asam Jawa. Sedangkan Kimchi yang berasal dari Korea ini hasil fermentasi sayurannya. Kamu lebih suka rasa asinan atau kimchi nih?

4. Bacang & Onigiri

Sama-sama sering dijadikan sebagai makanan ringan, kalau bacang merupakan jajanan pasar berisikan daging cincang dan sayuran yang diselimuti daun pisang sementara cemilan asal Jepang, onigiri berisi salmon / tuna mayonaise yang dibalut nori. Dari segi bentuk juga mirip ya! Bacang berbentuk piramida dan onigiri berbentuk segitiga.

5. Bakwan & Pajeon 

 Sama-sama berisikan gurih dan dibuat menggunakan adonan tepung, bakwan & pajeon merupakan gorengan yang jadi lauk pendamping atau kadang dijadikan cemilan. Namun yang membedakannya kalau bakwan berisikan wortel, daun bawang & kol sedangkan pajeon  hanya menggunakan daun bawang.

6. Bihun & Japchae 

Kalau di Indonesia ada bihun goreng yang ditumis dengan kecap lalu ada wortel, sawi hijau, telur & ayam. Kalau di Korea ada Japchae yang dibuat dengan minyak wijen, sama-sama ada wortel dan sawi hijau. Nah, ada tambahan lainnya! Daun bombai serta daging. 

Setelah melihat makanan khas Indonesia yang serupa dengan makanan luar negeri, langsung ingin wisata kuliner ya? Membahas makanan Indonesia, Telusur Kultur sempat meluncurkan koleksi kemeja print yang terinspirasi dari makanan-makanan khas Indonesia. Kamu bisa melihat koleksinya disini.