sejarah pencak silat, sejarah indonesia, film indonesia

Sejarah Pencak Silat: Seni Bela Diri Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!

Salah satu sejarah Indonesia yang harus kamu tahu adalah sejarah pencak silat. Seni bela diri asal Indonesia ini sudah terkenal hingga kancah internasional, bahkan dipakai di berbagai film Indonesia. 

Sejarah Pencak Silat

 sejarah pencak silat, sejarah indonesia, film indonesia

Dok. Pinterest (@richardcolli)

Seni bela diri ini berkembang pesat di abad ke-14, bahkan dipakai di banyak pesantren oleh penyebar ajaran Islam. Beberapa tokoh pahlawan sejarah Indonesia pun menggunakan bela diri ini untuk melawan penjajah, seperti misalnya Cut Nyak Dien, Cut Nyak Meutia, Teuku Umar, Pangeran Diponegoro, Sultan Agung, dan lainnya. 

Seiring berjalannya waktu, sekarang pencak silat sudah dikenal secara internasional. Beberapa negara dengan banyak penggemar pencak silat misalnya Belanda, Jerman, Amerika, dan Australia. Pencak Silat sendiri selalu dilombakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) dan SEA Games sejak 1987.

 sejarah pencak silat, sejarah indonesia, film indonesia

Dok. Pinterest (myactivesg.com)

Sekarang, ada beberapa aliran pencak silat yang ada di Indonesia, seperti misalnya Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Pencak Silat Pagar Nusa, Pencak Silat Perisai Diri, Pencak Silat Merpati Putih, Pencak Silat Cimande, dan Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

Pencak silat pun punya berbagai manfaat, lho. Beberapa diantaranya adalah untuk membela diri, lalu pencak silat juga bisa dilakukan untuk mengembangkan kondisi spiritual dan mental, serta menambah kesehatan jasmani dan rohani.

Ada di Film - Film Indonesia

Popularitas pencak silat semakin bertambah dengan adanya banyak film Indonesia yang mengandung seni bela diri yang satu ini. Beberapa film Indonesia yang mengandung pencak silat tersebut diantaranya:

  1. Merantau
  2. The Raid
  3. Pendekar Tongkat Emas
  4. Wiro Sableng
  5. Gangster

Selain film Indonesia, pencak silat juga bisa ditemukan di berbagai film luar negeri, lho, seperti misalnya John Wick 3: Parabellum.

Tidak heran banyak sekali penggemar seni bela diri yang satu ini. Selain mengandung sejarah Indonesia dan punya banyak manfaat, popularitasnya pun semakin bertambah karena banyaknya anak muda Indonesia yang masih setia mempelajari dan melestarikan sejarah pencak silat.

Setelah tahu hal-hal tentang pencak silat tadi, apakah kamu jadi tertarik untuk mempelajarinya?