Sejarah dan Makna Lomba Khas 17-an

Sejarah dan Makna Lomba Khas 17-an

17 Agustus diperingati sebagai hari Kemerdekaan Indonesia yang akan dirayakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Pada momen ini biasakan akan dilakukan upacara bendera yang dilanjutkan dengan melaksanakan lomba-lomba khas 17-an.

Menurut salah satu ahli sejarah, JJ Rizal, perlombaan baru mulai diadakan saat perayaan ulang tahun Indonesia yang kelima, tepatan pada tanggal 17 Agustus 1950. Perlombaan itu ditunjukan untuk merayakan kemenangan hasil jerih payah para pejuang dengan cara yang menyenangkan. Hingga sampai saat ini, lomba 17 Agustus menjadi sebuah tradisi yang rutin dilaksanakan pada saat acara HUT RI untuk merayakan kemenangan para pejuang yang telah berjuang untuk bangsa Indonesia.

Terdapat beberapa perlombaan khas 17-an yang memiliki sejarah dan arti tersendiri. Selengkapnya simak di bawah ini.

 

1. Lomba Makan Kerupuk

Sumber: daaitv.co.id

Lomba makan kerupuk memiliki arti untuk selalu mengingat perjuangan masyarakat Indonesia untuk mengomsumsi makanan yang bergizi. Dahulu keadaan rakyat Indonesia yang masih belum memiliki kemampuan ekonomi yang baik setelah zaman penjajahan yang membuat kerupuk menjadi bagian dari lauk pauk yang menjadi simbol pangan.

 

2. Lomba Balap Karung

Sumber rri.go.id

Lomba balap karung terinspirasi dari kehidupan rakyat Indonesia pada zaman penjajahan Jepang. Pada zaman dulu keadaan ekonomi yang kurang baik, rakyat Indonesia biasa mengenakan karung goni sebagai pakaiannya. Sehingga Lomba balap karung juga menjadi wujud perayaan atas kemerdekaan Indonesia.

 

3. Lomba Panjat Pinang

Sumber: klikdokter.com

Pada awalnya, lomba panjat pinang diadakan para pejabat Belanda ketika mereka mengadakan acara perayaan pernikahan. Orang Belanda akan menaruh hadiah-hadiah di atas pohon pinang dan memperlombakan rakyat Indonesia agar bisa menjadi atraksi yang menarik dan mengundang tawa dari para undangan. Namun saat ini, panjat pinang bukan lagi dilihat sebagai perlombaan yang menghina rakyat Indonesia, melainkan permainan rakyat yang seru untuk menguji kreativitas dan kerja sama.

 

4. Lomba Tarik Tambang

Sumber: intodaymedia.com

Lomba satu ini sangat membutuhkan kekompakan tim untuk mencapai kemenangan. Layaknya masyarakat Indonesia yang harus memiliki solidaritas, persatuan dan kekuatan bersama dalam melawan penjajah untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

 

5. Lomba Bakiak

Sumber: wikipedia.com

Lomba bakiak adalah salah satu jenis permainan tradisional yang dilakukan dengan cara berkelompok. Dalam permainan ini, kekompakannya para pemain akan diuji dengan berjalan di atas bakiak sampai garis finish. Lomba ini mengandung makna semangat gotong royong dan kekompakan untuk mencapai kemerdekaan.