Sejarah 5 Jajanan Pasar Khas Indonesia

Sejarah 5 Jajanan Pasar Khas Indonesia

Sudah bukan rahasia jika Indonesia memiliki beraneka ragam jajanan pasar yang khas dan lezat mulai dari varian asin, manis, kering hingga basah. Berawal dari sering ditemui di pasar atau pedagang keliling, kini jajanan pasar telah sering dijumpai pada pesta hingga acara resmi kenegaraan. 

Namun dibalik kelezatannya, terdapat sejah menarik dari 5 jajanan pasar paling khas dan favorit di Indonesia. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1. Klepon

topwisata.com

Klepon merupakan salah satu jajanan pasar yang unik dan jarang ditemui di negara lain. Jajanan pasar satu ini memiliki bentuk bulat, berwarna hijau dengan taburan kelapa parut yang semakin menarik karena iisian gula jawa yang akan meleleh saat dikunyah. Menurut sejarah, klepon berasal dari Jawa, yang diperkenalkan sekitar tahun 1950-an oleh imigran Indonesia ke Belanda, hingga akhirnya tersedia di toko-toko, restoran Belanda dan Cina Indonesia hingga supermarket.

 

2. Nagasari

tasteatlas.com

Kue nagasari berasal dari Indramayu yang dikenal sebagai daerah penghasil beras terbesar di Jawa Barat. Memproduksi beras yang melimpah, masyarakat Indramayu lalu mengolah beras supaya tidak hanya menjadi nasi saja. Nagasari dibuat dari campuran tepung sagu, tepung beras, santan, serta gula dengan isian pisang dan dikukus menggunakan daun pisang hingga menciptakan rasa yang legit, gurih dan manis 

 

3. Kue lapis

resepmasakan.com
Jajanan pasar satu ni memiliki berasal dari daerah Jawa Tengah tepatnya dari Jepara, dengan nama lengkap kue lapis Pati Botin Jepara. Kue ini dibuat dari santan, tepung kanji, tepung beras, gula pasir, garam, air daun suji, pewarna makanan berwarna merah. Tepung kanji, tepung beras, gula dan garam, ditambahkan ke dalam santan yang telah direbus hingga mendidih dan didiamkan hingga hangat. Ketika dipotong-potong, lapis Pati Bodin Jepara harus dalam keadaan benar-benar dingin sehingga tidak akan rusak.

 

4. Lupis

detikfood.com
Lopis atau biasa lebih dikenal dengan nama lupis merupakan jajan pasar yang memiliki cita rasa manis karena taburan kelapa parut dan gula cair. Konon, jajanan pasar ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan diyakini berasal dari beberapa daerah di pulau Jawa, seperti Jakarta, Lumajang dan pulau Jawa lainnya. 

 

5. Kue cucur

detikfood.com
Penamaan kue satu ini bukan tanpa alasan. Berasal dari Betawi, nama kue ini terinspirasi dari  cara pembuatannya yang seperti meneteskan jumlah adonan tersebut di loyang. Bahasa Betawinya adalah ngocor, namun para pendatang disebut dengan ngucur, sehingga jadilah kue cucur. Kue cucur biasanya berwarna cokelat yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Cara membuatnya dengan digoreng di minyak panas dan api kecil.