Rekomendasi Minuman Khas Indonesia Berbahan Dasar Jahe

Rekomendasi Minuman Khas Indonesia Berbahan Dasar Jahe

Saat cuaca dingin memang paling tepat mengkonsumsi minuman yang menghangatkan. Bosan minum kopi atau teh hangat, nggak ada salahnya untuk coba mulai mencoba minuman hangat khas Indonesia. Biasanya, minuman hangat khas Indonesia menggunakan jahe sebagai bahan dasarnya. Berikut beberapa rekomendasi minuman hangat khas Indonesia berbahan dasar jahe yang bisa kamu coba.

 

1. Wedang Uwuh

reviewresep.com

Minuman hangat pertama dari jahe ada wedang uwuh. Minuman asal Yogyakarta ini terbuat dari perpaduan kayu manis, cengkeh, kayu secang, pala, akar juga daun serai, dan gula batu atau gula merah.

 

2. Wedang Ronde

piknikdong.com

Wedang Ronde sangat mudah ditemui di daerah Solo. Wedang ronde terdiri dari kuah perpaduan jahe, gula merah dan pandan yang ditambahkan isian kolang-kaling, kacang goreng dan bola-bola ketan berisi gula merah.

 

3. Sekoteng

fibercreme.com

Sekoteng merupakan minuman asal dari Jawa Tengah yang mirip dengan wedang ronde namun didalamnya ditambahkan susu. Sekoteng adalah minuman yang berasal dari Jawa Tengah.

 

4. Kembang Tahu

resepkoki.com

Kembang tahu sering juga disebut sebagai Tahwa. Minuman ini terbuat dari sari kedelai tawar yang disajikan bersama rebusan air jahe, sirup gula merah dan pandan.

 

5. Bajigur

cookpad.com

Bajigur adalah minuman yang berasal dari Jawa Barat yang merupakan air rebusan jahe yang dimasak bersama gula merah dan santan encer dengan tambahan daun pandan dan sedikit garam yang membuat bajigur terasa semakin nikmat.