Pesona Tenun Ikat: Cocok untuk Ootd Formal Hingga Kasual Sekalipun!

Pesona Tenun Ikat: Cocok untuk Ootd Formal Hingga Kasual Sekalipun!

Kain Tenun merupakan kain tradisional yang pembuatannya menggunakan benang yang ditenun sehingga membentuk motif yang khas, salah satu yang banyak digemari masyarakat adalah Tenun Ikat. 

Motif pada kain Tenun Ikat memiliki makna yang beragam, kamu bisa temukan kain Tenun Ikat di berbagai daerah di Indonesia seperti Bali, Sumbawa hingga Labuan Bajo. Terdapat beberapa teknik dalam pembuatan Tenun Ikat yakni teknik Ikat Lungsi, Ikat Pangan & Ikat Ganda. 

Menariknya kain Tenun dapat dikenakan dalam berbagai momen, banyak orang memilih sebagai busana untuk hadiri acara spesial seperti menghadiri acara lamaran serta pernikahan serta wisuda. Namun ada juga yang pilih kain Tenun sebagai daily outfit mereka. Simak yuk tips memadukan kain Tenun! 

1. 2 piece outfit ‘Tenun Ikat’

Kain Tenun & Tenun Ikat

Dok. Instagram.com/raisyaroeslani

Pertama-tama mix & match Tenun Ikat yang bisa ditiru untuk menghadiri momen yang formal. Pilih kain Tenun Ikat 2 piece outfit (Atasan & bawahan), lalu tinggal kamu pakai bersama clog heels dan aksesori subeng.

2. Kain Tenun Ikat jadi outfit ke pantai

Kain Tenun & Tenun Ikat

Dok. Instagram.com/adiniawrst

Tenun Ikat juga jadi pilihan yang tepat untuk melengkapi outfit liburanmu ke pantai. Ootd kedua ini dinamakan sebagai gaya etnik, kain Tenun dipakai bersama sleeveless top berbahan linen, layering necklace serta strap sandal. Makin all out saat kamu pilih tas serta topi rotan.

3. Pakai outfit kembaran dengan pasangan

Kain Tenun & Tenun Ikat

Dok. Instagram.com/andienaisyah

Kain Tenun Ikat dapat menjadi referensi berbusana kembar dengan pasangan, tiru untuk hangout weekend yuk! Mudah tipsnya, kamu cuma perlu siapkan kemeja polos berdetail embroidery dan pasangkan dengan Tenun Ikat. Mudah ditiru bukan?

4. Opsi kain tenun sebagai outerwear

Kain Tenun & Tenun Ikat

Dok. Instagram.com/therealdisastr

Opsi lainnya jika ingin mengenakan Tenun Ikat, kamu bisa pilih bahan tersebut dan jadikan sebagai outerwear lalu ciptakan penampilan kasual pakai dengan kaos polos, trousers pants serta sneakers.