sejarah indonesia, museum sejarah jakarta, peninggalan sejarah

Mengenal Sejarah Indonesia dengan Keliling Museum di Jakarta

Kamu orang Jakarta dan belum tahu mau liburan ke mana? Mungkin ini saatnya kamu jalan-jalan keliling Jakarta saja! Salah satu yang menarik banget untuk dikunjungi adalah museum sejarah Jakarta! Ada banyak sekali museum dengan peninggalan sejarah yang bisa membuatmu kenal lebih dalam lagi tentang sejarah Indonesia. Museum apa saja itu? Simak di bawah ini, ya!

  1. Museum Sejarah Jakarta
sejarah indonesia, museum sejarah jakarta, peninggalan sejarah

Dok. Pinterest (@guidetripMe)

Museum yang berlokasi di Kota Tua ini tadinya adalah balai kota di zaman VOC. Lalu tahun 1919, penduduk Belanda menunjukkan ketertarikannya terhadap sejarah kota Batavia sehingga akhirnya berdirilah Yayasan Oud Batavia (Batavia Lama). Saat Indonesia merdeka, Museum ini berganti nama dari Oud Batavia menjadi Museum Djakarta Lama. Lalu akhirnya berubah jadi Museum Sejarah Jakarta dan diresmikan tahun 1974. Di Museum Sejarah Jakarta, kamu bisa melihat peninggalan sejarah masa penjajahan Belanda, misalnya senjata, peta, perabotan, dan buku-buku.

  1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi
sejarah indonesia, museum sejarah jakarta, peninggalan sejarah

Dok. Pinterest (museumjakarta.com)

Museum ini terletak di Jalan Imam Bonjol, Menteng, tadinya adalah rumah Laksamana Maeda. Di tempat inilah naskah proklamasi dirumuskan. Tahun 1982, tempat ini pernah menjadi kantor perpustakaan Nasional, lho. Lalu baru di tahun 1992 ditetapkan jadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Kalau kamu berkunjung ke sini, kamu bisa lihat beberapa ruang pameran, yaitu ruang pra-proklamasi (tempat persiapan perumusan naskah), ruang perumusan naskah, ruang penandatanganan naskah, ruang pengetikan naskah proklamasi, dan halaman belakang museum.

  1. Museum Sumpah Pemuda
sejarah indonesia, museum sejarah jakarta, peninggalan sejarah

Dok. Pinterest (museumjakarta.com)

Di tahun 1925, museum yang terletak di Jalan Kramat Raya ini adalah tempat tinggal pelajar Jong Java. Di tahun 1973, tempat ini diresmikan gubernur DKI Jakarta dengan nama “Gedung Sumpah Pemuda”. Sekarang, tempat ini lebih dikenal dengan nama Museum Sumpah Pemuda. Kamu bisa melihat peninggalan sejarah yang berhubungan dengan Sumpah Pemuda 1928.

  1. Museum Bank Indonesia
sejarah indonesia, museum sejarah jakarta, peninggalan sejarah

Dok. Pinterest (@guidetripMe)

Museum yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta (tepatnya di Jl. Pintu Besar Utara no.3) ini dibuat untuk menambah pengetahuan masyarakat Indonesia akan peran Bank Indonesia dalam sejarah Indonesia. Di museum ini, kamu bisa melihat perjalanan sebelum bangsa barat datang sampai ketika Bank Indonesia terbentuk di tahun 1953. Penyajian pengetahuan sejarah Indonesia di museum ini sangat menarik karena sudah menggunakan teknologi modern, lho. Misalnya, menggunakan panel statik, diorama, tv plasma, dan lainnya.

 

Nah, menarik sekali kan jalan-jalan mengelilingi museum di Jakarta. Contoh-contoh di atas baru 4 museum dari banyaknya museum yang terdapat di Jakarta. Jadi, jangan khawatir kalau kamu belum bisa liburan ke luar kota kali ini, ada banyak museum menarik di Jakarta yang bisa menambah pengetahuanmu tentang peninggalan sejarah di Indonesia.