Makanan Khas Maluku yang Terbuat dari Sagu

Makanan Khas Maluku yang Terbuat dari Sagu

Maluku merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan sejarahnya sebagai pusat perdagangan rempah dunia selain Aceh. Memiliki julukan “Kepulauan Rempah” membuat makanan khas Maluku memiliki rasa yang kaya akan rempah-rempah. 

Selain terkenal dengan rempah-rempahnya, Maluku juga dikenal karena memiliki berbagai olahan makanan yang terbuat dari sagu. Hal ini karena masyarakat Maluku yang menjadikan sagu sebagai bahan makanan pokok.

Terdapat beberapa makanan khas Maluku terbuat dari sagu yang terkenal dan wajib dicoba. Makanan di bawah ini memiliki cita rasa yang lezat hingga menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Maluku.

 

1. Papeda

endeus.tv

Sudah bukan rahasia jika Maluku terkenal dengan kulinernya yang bernama papeda. Makanan khas di Indonesia bagian timur ini berbahan dasar sagu dengan tekstur kenyal dan berwarna bening yang terkenal sebagai makanan pokok pengganti nasi. Papeda dapat disantap dengan berbagai lauk, namun di Maluku sangat khas menyantap papeda dengan ikan tongkol bumbu kunyit. Cara memakan papeda adalah dengan menggulung-gulung papeda menggunakan sumpit atau dua garpu khusus hingga bubur papeda melingkari sumpit atau garpu tersebut, lalu diletakkan di piring.

 

2. Woku Komo-Komo

genpi.co

Woku komo-komo merupakan khas Maluku selanjutnya yang berbahan dasar sagu. Makanan ini dibuat dengan sagu yang direndam air dan kemudian dicampur dengan rempah-rempah meliputi bawang, merica, serai, jahe, santan kental, dan daun bawang yang menghasilkan cita rasa yang khas. Rempah-rempah tersebut dicampur dengan jeroan ikan dan dibungkus dengan daun woka yang kemudian dipanggang menggunakan bara api.

 

3. Bubur Ne

citarasa.com

Makanan khas Maluku yang dikenal sebagai salah satu “takjil” tradisional a la orang Maluku yang juga dibuat dari sagu. Bubur ne disajikan dalam bentuk mutiara kecil-kecil yang berwarna coklat tua, merah terang, putih, atau merah muda. Bubur Ne dibuat menggunakan sagu bersama santan sampai teksturnya empuk lalu ditambahkan kayu manis, daun pandan, dan gula merah. Bubur ne bisa disantap dalam keadaan hangat atau dingin.

 

4. Sagu Gula

dispar.malukuprov.go.id

Makanan ini merupakan camilan favorit di Maluku. Sagu gula biasanya berbentuk persegi panjang dan berbahan dasar sagu dengan tambahan bahan lainnya seperti kelapa parut dan gula merah. Bagian atas sagu gula ditaburkan banyak gula merah sehingga rasa sagu yang hambar menjadi lebih nikmat. Camilan ini paling sering dinikmati bersama minuman hangat seperti teh atau kopi.

 

5. Talam Sagu Bakar

genpi.co

Camilan Maluku lainnya yang terbuat dari sagu ialah talam sagu bakar. Makanan ini menjadi salah satu hidangan yang sering dimakan sebagai camilan karena memiliki rasa manis dan gurih yang berasal dari campuran sagu, gula merah, kacang merah, dan kenari.