Makanan Khas Jawa yang Terkenal di Luar Negeri

Makanan Khas Jawa yang Terkenal di Luar Negeri

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Namun selain fakta tersebut, Jawa juga terkenal dengan kulinernya yang beraneka ragam. Popularitas kuliner khas Jawa menjadi daya tarik para wisatawan bahkan beberapa diantaranya sudah populer sampai ke luar negeri.

Banyaknya kuliner khas Jawa yang nikmat, terdapat beberapa makanan  yang sudah terkenal hingga mancanegara. Selengkapnya simak di bawah ini.

 

1. Rawon

endeus.tv

Rawon cukup menarik perhatian karena warnanya yang cokelat cenderung hitam. Makanan khas Jawa Timur ini menggunakan kluwek sebagai salah satu bahannya yang akan semakin nikmat jika dimakan dengan kerupuk, nasi hangat dan taburan bawang goreng

 

2. Lumpia Semarang

endeus.tv

Makanan satu ini sudah menjadi makanan favorit hingga sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Lumpia Semarang mempunyai isi yang beragam, mulai isi ayam, telur, rebung, udang hingga sayuran. Makanan ini sangat nikmat apabila di santap saat masih hangat, terlebih jika ditambah cabe rawit atau saus khusus. 

 

3. Soto Lamongan

resepdauhan.com

Soto lamongan merupakan salah satu makanan khas pulau Jawa Timur. Saking nikmatnya, banyak restoran Indonesia di luar negeri yang menjual Soto lamongan sebagai salah satu menunya.Soto lamongan memiliki satu bumbu rahasia yaitu koya yang menambah cita rasanya menjadi semakin nikmat. Bubuk ini memiliki rasa yang sangat gurih yang terbuat dari bawang putih dan kerupuk udang. 

 

4. Tempe Mendoan

pinterest.com

Tempe mendoan ialah salah satu menu khas Jawa Tengah. Serupa namun tak sama dengan tempe goreng biasanya, tempe mendoan erkenal karena di goreng menggunakan minyak panas dengan proses yang sangat cepat sehingga tidak terlalu matang.

 

5. Rujak Cingur

masakapahariini.com

Rujak cingur juga telah menjadi salah satu kuliner khas pulau jawa yang memiliki banyak penggemar bahkan sampai luar negeri. Rujak cingur terbuat dari irisan buah-buahan san sayuran yang disiram dengan sambal pedas manis. Perpaduan antara petis, gula merah, kacang tanah dan cabai membuat rujak cingur semakin nikmat.