Makanan Khas Daerah Indonesia yang Berbahan Dasar Ikan

Makanan Khas Daerah Indonesia yang Berbahan Dasar Ikan

Indonesia dijuluki sebagai negara maritim karena 70 persen wilayah Indonesia merupakan perairan, sementara hanya 30 persen yang berupa daratan. Berdasarkan fakta tersebut, nggak heran jika ikan menjadi salah satu lauk pilihan masyarakat Indonesia.

Terdapat beraneka pilihan makanan khas daerah yang menjadikan ikan sebagai bahan dasarnya. Olahan ikan di berbagai daerah Indonesia umumnya memiliki racikan bumbu dan rempah-rempah yang sangat kaya akan rasa. Berikut beberapa makanan khas daerah Indonesia yang berbahan dasar ikan. Let’s check!

 

1. Gabus Pucung


goodnewsfromindonesia.id

Gabus pucung merupakan makanan asli Betawi yang menggunakan ikan gabus sebagai bahan bakunya. Sesuai dengan namanya, Gabus Pucung memiliki kuah dengan warna hitam yang berasal dari buah kluwek atau pucung sehingga rasa makanan ini gurih dengan sedikit asam dari kuah buah pucung atau kluweknya.

 

2. Seruit

foodpedia.com

Olahan ikan yang ini sangat populer sebagai makanan khas Lampung. Ikan yang digunakan sebagai bahan baku adalah ikan sungai seperti ikan belida, ikan baung atau ikan lais.

Ikan diolah dengan cara digoreng atau dibakar, namun yang yang membuat makanan ini semakin unik karena ikan disajikan dengan sambal tempoyak yang merupakan sambal terasi yang dicampur durian fermentasi. Tertarik coba?

 

3. Sate Bandeng

resepkoki.com

Sate bandeng adalah makanan khas daerah Banten.  Sate bandeng terbuat dari ikan bandeng olahan yang sudah dicampur bumbu yang semakin nikmat dimakan dengan nasi putih dan sambal. Popularitas Sate Bandeng menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh khas Banten lho!

 

4. Nila Toba Tauco

cookpad.com

Nila Toba Tauco merupakan makanan daerah khas dari Sumatera Utara, tepatnya dari Medan. Makanan ini diberi nama Toba tauco karena biasa ditemukan di kawasan Danau Toba serta saus yang dipakai berasal dari tauco Medan. Hidangan ini memiliki rasa yang pedas dan semakin nikmat jika dimakan dengan nasi hangat.

 

5. Sop Ikan 

cookpad.com

Gurih dan lezat sangat terasa dari kuliner khas daerah Batam satu ini. Satu porsi sop ikan Batam terdapat perpaduan antara ikan, udang serta yang disajikan dengan bawang goreng dan irisan tomat yang membuat cita rasa semakin segar.