Makanan Khas Bandung yang Terkenal Jadi Pilihan Oleh-oleh

Makanan Khas Bandung yang Terkenal Jadi Pilihan Oleh-oleh

Saat berlibur atau keluar kota atau keluar negeri, hal yang tak boleh terlupakan adalah membawa oleh-oleh. Biasanya oleh-oleh dibeli untuk kita pribadi, saudara hingga kerabat terdekat. Seperti misalnya berkunjung ke Bandung, ada banyak lho makanan khas yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kota kembang salah satu destinasi wisata yang menawarkan kuliner-kuliner menarik. Makanan khas berupa makan besar sampai dengan jajanan pinggiran memiliki cita rasa khas sehingga wajib masuk dalam daftar list makanan yang wajib dicoba.

Kini, Telusur Kultur ingin membahas makanan khas Bandung yang wajib kamu beli sebagai oleh-oleh. 5 Makanan ini difavoritkan banyak orang lho. Siap-siap ketagihan setelah mencoba 5 makanan khas Bandung di bawah ini ya. Yuk, langsung catat dimana saja detail lokasinya!

1. Kue balok Mahkota

Makanan khas bandung

Dok. Shopee.co.id

Oleh-oleh pertama yang wajib kamu beli adalah kue balok, jajanan yang satu ini banyak digemari para milenial. Disebut kue balok karena jika kamu lihat bentuknya menyerupai kue balok, tekstur yang mirip kue bolu ini terbuat berisikan coklat yang lumer saat menyantapnya. 

Kue balok Mahkota bisa kamu dapatkan di jalan Sabang No.27 daerah Cihapit, Bandung Wetan dengan harga IDR 25.000 - 30.000 / 10 biji.

2. Brownies kartika sari

Makanan khas bandung

Dok. Kartikasari.com

Makanan khas Bandung yang juga nggak boleh terlupakan adalah brownies panggang kartika sari. Oleh-oleh yang satu ini sangat melegendaris bahkan sudah ramai pengunjung sejak tahun 2000an awal. Brownies rasa chocolate dengan berbagai topping di atasnya ini jadi teman untuk minum kopi di pagi hari.

Untuk lokasinya salah satunya kamu bisa kunjungi toko kartika sari di Jl. Ir. H. Djuanda No. 85-87, Dago, Bandung. 1 loyang brownies panggal dijual dengan harga IDR 80.000.

3. Picnic roll prima rasa

Makanan khas bandung

Dok. Shopee.co.id

Sekarang saatnya membahas oleh-oleh yang gurih khas Bandung, yakni ada Picnic Roll. Dari teksturnya picnic roll berupa pastry dalam ukuran yang panjang dan cukup besar berisi keju, daging & telur rebus yang bisa kamu dapatkan di prima rasa. 

Segera kunjungi jl Kemuning No.20, Merdeka, Bandung. Pesan dari Telusur Kultur coba kunjungi dari jam 7.00 ya! Khususnya buat di weekend karena pasti ramai pengunjung. Untuk harganya picnic roll dijual IDR 89,500.

4. Batagor Kingsley

Makanan khas bandung

Dok. paxelmarket.co

Selanjutnya kamu juga harus mencoba mencicipi Batagor Kingsley. Dijamin nggak cukup hanya makan 1 batagor. Terbuat dari campuran aci dan ikan tenggiri, terasa renyah pada gigitan pertama karena digoreng kering. Jangan lupa disantap bersama kuah kacang ya! 

Yuk langsung datang ke jalan Veteran No.25, Bandung. Batagor Kingsley dijual dengan harga 18.500/pcs. Dijamin ketagihan dengan makanan yang keempat ini!

5. Bolu bakar tunggal

Makanan khas bandung

Dok. Qraved.com

Terakhir, oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu beli adalah bolu bakar tunggal. Dari namanya sudah jelas, makanan yang satu ini berupa bolu yang dibakar dan berisi berbagai macam rasa, coklat, keju, durian roombutter sampai dengan abon dan tuna untuk rasa asin. 

Bolu bakar tunggal memiliki banyak cabang di Bandung, salah satunya ada di Riau Juncti jalan L.L.R.E Martadinata (Lantai LG). Sedangkan untuk harganya variatif, mulai dari 35.000 - 150.000.Â