Kue Jajanan Pasar yang Dibungkus Daun Pisang, Makin Lezat!

Kue Jajanan Pasar yang Dibungkus Daun Pisang, Makin Lezat!

Indonesia terkenal dengan berbagai kuliner tradisional yang kaya akan rasa. Termasuk kue jajanan pasar yang masih menjadi favorit sebagai camilan sehari-hari hingga hidangan di acara penting. Salah satu yang unik, beberapa kue jajanan pasar dibungkus menggunakan daun pisang sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang semakin lezat. 

 

1. Nagasari

sajiansedap.co.id

Nagasari memiliki rasa gurih dan manis. Kue jajanan pasar ini terbuat dari adonan tepung beras, tepung sagu, santan, serta gula, dengan tambahan potongan pisang di tengahnya. Campuran tersebut dibalut dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang.

 

2. Bongko pisang 

endeus.tv

Bongko pisang merupakan salah satu kue jajanan pasar khas Jawa Timur yang dibungkus menggunakan daun pisang. Kue jajanan pasar menyerupai nagasari, namun perbedaannya adalah adonan nagasari dimasak di atas api sedangkan bongko pisang tidak. Adapun adonan bongko pisang juga terasa lebih lembut dan tak bertekstur pada seperti nagasari. Rasa kue ini terbilang manis dan gurih.

 

3. Carang gesing

bukareview.com

Makanan khas Solo, Jawa Tengah ini disebut carang gesing. Kue jajanan pasar ini merupakan tipe kue yang basah dan terbuat dari bahan dasar pisang dan santan yang dikukus dalam daun pisang. Carang gesing bisa dikreasikan dengan menambahkan bahan lain, salah satunya dengan roti tawar.

 

4. Lemet singkong

resepkoki.com

Sesuai namanya, lemet singkong berarti singkong yang dihaluskan. Cara oembuatannya setelah singkong diparut lalu dicampur bersama gula merah dan parutan kelapa kemudian dikukus. Kue ini bisa dengan mudah kita temukan di pasar tradisional atau tempat-tempat yang menjual kue jajanan basah. 

 

5. Kue Bugis

resepkoki.id

Kue satu ini disebut kue Bugis karena memang merupakan makanan khas suku Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan. Bahan dan cara pembuatannya hampir mirip dengan nagasari, namun bukan diisi pisang, melainkan parutan kelapa dan gula merah. Kue Bugis memiliki adonan tepung beras  berwarna hijau yang didapat dari pandan atau pewarna makanan.

 

6. Kue lupis 

cookpedia.com

Kue yang terbuat dari beras ketan dan pasta pandan ini punya bentuk beragam. Lupis umumnya berbentuk segitiga namun, ada beberapa penjual yang membuat lupis dalam bentuk silinder. Lupis semakin nikmat jika disantap dengan cara dibalurkan ke parutan kelapa tua, kemudian disiram saus gula merah.