Kue Jajanan Indonesia yang Berbahan Dasar Ketan, Legit dan Enak!

Kue Jajanan Indonesia yang Berbahan Dasar Ketan, Legit dan Enak!

Kuliner khas Indonesia memang terkenal dengan keberagaman bahan dasar yang digunakan, salah satunya beras ketan. Bahan dasar satu ini sangat populer karena memiliki cita rasa yang gurih dan legit. Nggak heran jika terdapat banyak jajanan Indonesia yang terbuat dari beras ketan. Berikut beberapa kue jajanan Indonesia yang berbahan dasar ketan, dijamin legit dan enak!

 

1. Lepet

youtube.com

Lepet merupakan kue jajanan Indonesia yang menggunakan ketan sebagai bahan dasarnya. Kue satu ini memiliki bentuk layaknya lontong, namun lepet memiliki tekstur yang lembut dan cenderung padat. Biasanya lepet terbuat dari adonan yang dimasak dengan santan, lalu dikukus dengan daun pisang yang membuat makanan ini semakin harum.

 

2. Jadah

facebook.com

Jadah merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Kaliurang. Jadah terbuat dari beras ketan putih yang ditanak hingga matang. Kue satu ini memiliki rasa yang cenderung gurih, sehingga akan semakin nikmat jika dinikmati bersama tempe bacem atau disajikan dengan parutan kelapa.

 

3. Wajik

selerasa.com

Makanan satu ini sudah nggak asing lagi karena sering ditemukan sebagai kue pada perayaan adat. Kue wajik terbuat dari campuran beras ketan, gula  Jawa, parutan kelapa atau santan kelapa yang kemudian dipotong-potong dengan bentuk segi empat layaknya kartu wajik.

 

4. Lupis

cookpedia.com

Lupis merupakan makanan khas Indonesia yang populer di daerah Jawa. Walaupun memiliki bentuk yang beragam, lupis terkenal dengan kue jajanan berbentuk segitiga. Lupis dibuat dari beras ketan yang dimasak lalu dibungkus dengan daun pisang dan disiram dengan gula jawa cair serta taburan kelapa parut saat akan dihidangkan.

 

5. Kue lapis

facebook.com

Satu lagi kue jajanan yang sering disajikan sebagai camilan pada perayaan tertentu ialah kue lapis. Walau memiliki banyak versi, kue lapiis yang terbuat dari ketan menjadi salah satu favorit hingga sekarang. Biasanya kue lapis disajikan dengan berwarna-warni yang membuat kue ini terlihat cantik.