Kudapan Manis Khas Medan yang Bikin Ngiler!

Kudapan Manis Khas Medan yang Bikin Ngiler!

Saat menginjak kota Medan, pasti kuliner yang sangat dicoba Lontong Medan! Salah satu kota yang terletak di bagian Utara Sumatera ini dikenal dengan bumbu-bumbu rempah pada makanan besarnya. 

Tapi kamu tahu nggak sih, banyak makanan khas Medan lainnya seperti camilan manis yang juga nggak kalah menggiurkan dari makanan besar. Biasanya kebanyakan orang menyantap camilan ini usai memakan makanan besar. 

Telusur Kultur telah merangkum 5 makanan khas medan, camilan-camilan manis yang juga bisa jadi pilihan oleh-oleh! Siap-siap dibuat menggiurkan ya setelah melihat pilihan camilan berikut ini.

1. Kue lupis

Makanan khas Medan

Dok. Pinterest

Makanan khas Medan yang harus kamu coba adalah kue lupis. Pasti kamu sering mendengar kue lupis dari wilayah jawa ya? Kali ini berbeda, Medan punya kue lupis yang terbuat dari bahan utama ketan. Dibentuk segitiga, ditaburi dengan kelapa parut serta saus gula merat yang buatnya makin nikmat.

2. Ombus-ombus

Makanan khas Medan

Dok. Pinterest

Sekilas camilan kedua ini hampir mirip dengan kue lupis ya! Terbuat dari tepung beras, ombus-ombus bagian isinya diberikan gula merah dan dibungkus oleh daun pisang. Terasa lumer saat disantap!

3. Pancake durian

Makanan khas Medan

Dok. Pinterest

Jangan mengaku pecinta durian kalau kamu belum pernah mencoba makanan khas medan ini! Pancake durian terasa lembut saat dimakan, kulitnya terbuat dari adonan tepung terigu, gula pasir yang kemudian isinya berisikan durian. Paling nikmat disantap saat dingin-dingin atau setelah dimasukan dari kulkas.

4. Putu bambu

Makanan khas Medan

Dok. infomakan.com

Terakhir yang nggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Medan adalah mencoba putu bambu. Kalau di Medan putunya dengan ukuran yang lebih besar / jumbo, sedangkan untuk isinya sama dengan gula merah dan parutan kelapa.