Jenis-jenis Peninggalan Sejarah yang Ada di Indonesia

Jenis-jenis Peninggalan Sejarah yang Ada di Indonesia

Sebuah tempat dan benda bisa menjadi saksi sejarah yang tak lekang oleb waktu. Termasuk di Indonesia, terdapat berbagai peninggalan sejarang yang tersebar di berbagai daerah di nusantara. Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai peninggalan sejarah, akan lebih baik jika mengenal jenis-jenis peninggalan sejarah di Indonesia.

 

1. Arca

Arca adalah patung yang terbuat dari batu atau perunggu. Arca yang ada di Indonesia yaitu Arca Ganesha, Arca Prajnaparamita serta Arca Buddha Amarawati.

 

2. Benteng

Benteng merupakan bentuk bangunan yang sengaja dibuat untuk keamanan dan pertahanan waktu perang. Terdapat beberapa benteng terkenal yang kini menjadi peninggalan sejarah Indonesia, seperti Benteng Otanah di Sulawesi, Benteng Fort de Kock di Sumatera Barat yang dibangun oleh Belanda, Benteng Portugis di Jepara Jawa Tengah serta, Benteng Pendem di Cilacap Jawa Tengah. 

 

3. Candi

Candi merupakan bangunan kuno yang dibuat dari batu sebagai tempat pemujaan, penyimpanan abu jenazah raja atau pendeta Hindu dan Buddha. Kini candi menjadi salah satu destinasi wajib yang kunjungi, yang terkenal diantaranya Candi Prambanan Yogyakarta, Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Candi Mendut di Magelang, Jawa Tengah, Candi Pawon di Magelang, Jawa Tengah hingga Candi Muara Takus di Riau.

 

4. Prasasti

Prasasti yang merupakan peninggalan pada masa kerajaan-kerajaan di Indonesia berupa tulisan pada batu yang bernilai sejarah, seperti prasasti Citarum, atau  Prasasti Tuk Mas.

 

5. Monumen

Monumen adalah bangunan yang sengaja dibuat untuk mengenang jasa seorang tokoh kepada Indonesia. Beberapa monumen juga dibuat untuk memperingati peristiwa bersejarah yang ada di Indonesia, seperti Monumen Nasional, Monumen Tugu Muda, Monumen Proklamasi serta Monumen Pers Nasional.

 

6. Museum

Terdapat berbagai jenis museun yang ada di Indonesia. Biasanya museum dibangun dalam bentuk gedung, rumah, atau tempat yang digunakan untuk menyimpan benda-benda peninggalan sejarah. Beberapa museum yang ada di Indonesia antara lain, Museum Sumpah Pemuda, Museum Sudirman, Museum Satria Mandala, Museum Purbakala hingga Museum RA. Kartini

 

7. Gedung

Memasuki zaman yang lebih modern, terdapat beberapa gedung yang menjadi peninggalan sejarah Indonesia. Gedung-gedung ini pernah digunakan untuk berlangsungnya peristiwa sejarah, atau tempat yang dijadikan sebagai peninggalan sejarah, seperti Gedung Lawang Sewu, Istana Presiden, Keraton Cirebon hingga Istana Bogor.