makanan khas yogyakarta

Jadi Favorit Warga Lokal, Coba 7 Makanan Khas Yogyakarta Ini Yuk!

Kali ini mari kita jalan-jalan ke Yogyakarta! Tidak hanya dikenal sebagai daerah di Indonesia yang kaya akan budaya dan memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik, Kota Pelajar ini juga menawarkan berbagai makanan khas yang pastinya akan membuat kamu ngiler.

Mulai dari bakpia yang manis dan pas untuk dijadikan oleh-oleh hingga sate klatak yang unik dan memiliki cita rasa yang mampu membuat lidah bergoyang, deretan makanan khas Yogyakarta ini wajib untuk kamu coba. Apa saja?

1. Gudeg

makanan khas yogyakarta

Kamu tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Yes, gudeg memang berasal dari Yogyakarta. Buat kamu yang belum tahu, gudeg terbuat dari nangka yang dimasak dengan santan dalam waktu lama. Rasanya manis dan biasanya disajikan bersama ayam, tahu, tempe, dan sambal goreng krecek.

2. Sate Klatak

makanan khas yogyakarta

Makanan khas Yogyakarta selanjutnya yang harus kamu coba adalah sate klatak. Menu yang satu ini terbuat dari daging kambing yang dibumbui dengan berbagai jenis rempah-rempah. Yang bikin unik, jika sate pada umumnya menggunakan bambu sebagai tusukan, sate klatak memakai jeruji besi. Konon katanya, jeruji besi dapat menghantarkan panas dengan baik sehingga sate klatak dapat matang sempurna hingga ke bagian terdalam.

3. Bakpia Pathok

makanan khas yogyakarta

Jika ingin membawa oleh-oleh dari Yogyakarta, maka bakpia pathuk adalah pilihan yang tepat. Rasanya yang manis dan gurih serta teksturnya yang unik membuat makanan khas Yogyakarta yang satu ini jadi favorit banyak orang. Ada berbagai jenis isian yang bisa kamu pilih lho, mulai dari cokelat, kacang hijau, hingga keju. Pilih yang mana?

4. Yangko

makanan khas yogyakarta

Masih dalam kategori kudapan, pastikan kamu juga mencicipi yangko. Makanan khas Yogyakarta yang satu ini hadir dalam berbagai warna yang mencuri perhatian, seperti hijau, pink, dan kuning. Rasanya manis dengan isian kacang cincang di dalamnya. Yangko terbuat dari tepung ketan sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal seperti mochi.

5. Tiwul

makanan khas yogyakarta

Tiwul yang terbuat dari singkong sering dianggap sebagai pengganti nasi. Menu yang memiliki rasa manis ini biasanya disajikan bersama ikan asin, urap, dan sambal. Pernah mencobanya?

6. Jadah Tempe

makanan khas yogyakarta

Penggemar tempe wajib mencoba menu yang satu ini. Sesuai namanya makanan yang satu ini merupakan perpaduan tempe (yang telah diolah menjadi tempe bacem) dan jadah. Jadah sendiri merupakan makanan yang terbuat dari ketan. Makanan khas Yogyakarta yang satu ini biasanya dibungkus dengan daun pisang dan jadi favorit banyak orang, lho.

7. Brongkos

makanan khas yogyakarta

Mirip dengan semur, brongkos merupakan sop daging (biasanya terbuat dari sapi, domba, atau kambing) dan kacang pedas. Kuahnya berwarna kehitaman karena mengandung kluwek. Selain dengan nasi, makanan ini juga dipadukan dengan tahu, perkedel, dan cabe rawit.