Jadi Favorit, Ini 7 Makanan Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara

Jadi Favorit, Ini 7 Makanan Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara

Makanan Indonesia memang sangat beragam. Mulai dari yang manis, pedas, hingga gurih, Indonesia selalu sukses menawarkan ragam wisata kuliner yang nggak pernah gagal menggugah selera. Tidak hanya jadi favorit rakyat Indonesia, ternyata berbagai makanan ini juga sukses terkenal hingga mancanegara bahkan sukses digemari oleh orang luar negeri, lho. Apa saja?

1. Nasi goreng

makanan indonesia

Makanan Indonesia pertama yang jadi favorit banyak orang bahkan sukses terkenal di dunia adalah nasi goreng. Campuran nasi, telur, baso, sosis, ayam, dan topping menarik lainnya bersatu dengan berbagai bumbu seperti kecap, bawang putih, dan cabai, membuat nasi goreng jadi santapan yang nikmat dimakan kapan saja.

2. Sate

makanan indonesia

Selain nasi goreng, sate juga jadi makanan Indonesia yang sukses menarik perhatian para turis. Daging ayam yang dipotong kecil dan ditusukkan pada bambu lalu dilumuri kecap dan dibakar dan disiram bumbu kacang membuat sate jadi makanan favorit nggak cuma untuk orang Indonesia tapi juga warga luar. Apalagi disantap bersama lontong dan sambal, semakin lezat!

3. Rendang

makanan indonesia

Jika berbicara soal makanan Indonesia, rasanya tak lengkap jika tidak membahas rendang. Ya, makanan asal Sumatera Barat ini sukses mencuri perhatian dunia. Berasal dari daging sapi yang dimasak dengan berbagai jenis bumbu dan rempah-rempah membuat rendang berhasil menjadi salah satu makanan terlezat di dunia, lho.

4. Soto ayam

makanan indonesia

Penggemar soto ayam boleh berbangga karena ternyata makanan Indonesia yang satu ini juga berhasil terkenal hingga mancanegara. Berisi ayam suir, telur, bihun, tomat, tauge, kol, dan dilengkapi dengan kuah kuning, soto ayam akan terasa semakin nikmat dinikmati selagi panas bersama dengan nasi putih.

5. Tempe

makanan indonesia

Makanan Indonesia berikutnya yang terkenal di dunia adalah tempe. Terbuat dari kedelai yang difermentasi, berbagai olahan tempe pun sukses jadi favorit banyak orang, mulai dari tempe goreng, keripik tempe, tempe mendoan, tempe kering, dan masih banyak lagi olahan tempe lainnya.

6. Gado-gado

makanan indonesia

Jika menu internasional punya salad, maka Indonesia punya gado-gado. Gado-gado biasanya terbuat dari berbagai sayuran yang direbus serta dilengkapi dengan kentang, tahu, tempe, dan telur, lalu disiram dengan bumbu kacang dan ditambah dengan kerupuk. Ssstt, konon katanya, makanan Indonesia yang satu ini cukup terkenal di Australia, lho.

7. Rawon

makanan indonesia

Menu khas Surabaya ini ternyata juga jadi makanan Indonesia yang terkenal di dunia. Banyak yang bilang rawon mirip dengan sup, bedanya kuah rawon menggunakan kluwek sehingga menghasilkan kuah yang berwarna hitam. Isiannya sendiri terdiri dari daging sapi, tauge, telur asin, dan dilengkapi dengan sambal dan kerupuk.