Gurih Hingga Manis, Makanan Khas Makassar yang Sangat Nikmat

Gurih Hingga Manis, Makanan Khas Makassar yang Sangat Nikmat

Sama halnya dengan kota-kota lainnya di Indonesia, Makassar juga memiliki makanan khas yang jadi incaran para turis yang datang. Dari makanan besar sampai makanan manis, kalau makanan besar sudah pasti coto Makassar takkan boleh terlewatkan! Bahkan sebagian orang bisa menyantap 2 mangkok sekaligus saat berkunjung ke Makassar.

Selain itu, kalau membahas makanan khas Makassar manis atau makanan penutup yang paling terkenal ada es palu butung. Tapi tahukah kamu masih ada sederet makanan khas Makassar lainnya yang juga nggak kalah nikmat!

Kali ini Telusur Kultur ingin memberikan 4 rekomendasi makanan khas Makassar, tepatnya makanan penutup dari yang manis sampai yang gurih. Penasaran apa saja? Simak di bawah ini. 

1. Pisang epe

Makanan khas makassar

Dok. Pinterest.com

Makanan khas Makassar pertama yang bisa masuk ke dalam daftar kulinermu ada pisang epe. Terbuat dari bahan utama pisang raja, lalu di panggang di atas bara api dan kemudian kalau sudah jadi bisa kamu santap dengan topping saus gula merah. Selain itu pisang epe juga bisa dimakan dengan topping durian.

2. Roko-roko

Makanan khas Makassar

Dok. Pinterest.com

Camilan kedua ini juga terbuat dari bahan utama pisang. Buah yang satu ini dibalut dengan adonan tepung beras yang kemudian dibentuk persegi panjang dan dibungkus daun pisang. Gigitan pertama saat menyantap roko-roko terasa lembut.

3. Putu cangkiri

Makanan khas Makassar

Dok. femina.id

Masih ingatkah makanan yang satu ini? Yup, ini putu cangkiri, kalau kamu lihat bentuknya serupa dengan cangkir bukan? Camilan ini termasuk makanan penutup manis yang terbuat dari tepung beras, beras ketan serta gula merah yang membuatnya terasa manis.

4. Jalangkote

Makanan khas Makassar

Dok. Pinterest.com

Banyak orang yang sering tertukar antara jalangkote dan kue pastel. Betul? Dari segi tekstur memang serupa, namun yang membedakan jalangkote disajikan bersama sambal cair. Sedangkan isinya pun mirip-mirip ada potongan kentang, wortel, mie namun ada juga tauge.