Gurih Hingga Manis, Ini 5 Makanan Terenak Khas Palembang

Gurih Hingga Manis, Ini 5 Makanan Terenak Khas Palembang

Sama seperti wilayah lainnya, Palembang juga memiliki makanan khas yang wajib dicoba ketika sedang berwisata kesana. Makanan khas Palembang yang sangat terkenal dan banyak disukai orang-orang adalah Pempek. Digoreng kering dan disantap bersama kuah cuko sungguh nikmat! 

Makanan khas Palembang cenderung menggunakan bahan utama ikan, namun ada juga makanan dengan cita rasa yang manis. Untuk kamu yang ingin mengetahui makanan khas Palembang bisa langsung simak di bawah ini. Ini dia 5 makanan terenak di palembang dari yang gurih sampai dengan manis. Keep scrolling!

1. Pindang patin

Makanan khas Palembang

Dok. resepkoki.com

Dari namanya sudah jelas makanan khas Palembang pertama ini terbuat dari ikan patin. Dengan kuah santan berbumbu pedas, Dimakan selagi masih hangat enak banget pastinya! 

2. Burgo

Makanan khas Palembang

Dok. Pinterest.com

Makanan kedua ini terbilang cukup unik! Adonan burgo yang terbuat dari tepung beras dibuat seperti dadar gulung disiram dengan kuah santan warna kuning yang salah satunya terbuat dari kunyit. Disajikan bersama telur serta bawang goreng dan daun bawang.

3. Kue 8 jam

Makanan khas Palembang

Dok. Pinterest.com

Kalau 2 makanan diatas tergolong makanan gurih, kini saatnya membahas makanan manis di Palembang. Ada makanan penutup yang dinamai kue 8 jam. Dibuat selama 8 jam, kue yang satu ini menggunakan bahan utama susu dan gula. Teksturnya pun terbilang unik karena kenyal saat dimakan. 

4. Martabak Har 

Makanan khas Palembang

Dok. Pinterest.com

Makanan ringan yang juga mencuri perhatian di Palembang adalah martabak har. Seperti martabak pada umumnya, adonan kulit yang berisikan telur bebek & telur ayam lalu digoreng kering. Tapi membedakannya martabak har dimakan bersama kuah kari.

5. Mie Celor

Makanan khas Palembang

Dok. Pintererest.com

Makanan terakhir yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Palembang adalah mie celor. Semangkuk mie celor berisikan mie keriting, tauge, telur, kucai serta udang yang disiram dengan kuah kaldu ebi.