makanan khas yogyakarta, makanan khas, makanan khas yogya

Fun Facts About Gudeg: Makanan Khas Yogyakarta Kesukaan Sejuta Umat

Siapa yang tak kenal gudeg? Makanan khas Yogyakarta yang satu ini sangat disukai oleh banyak orang. Perpaduan antara nangka dan santan menjadikan makanan khas yang satu ini begitu enak. Apakah kamu salah satu pecinta makanan khas Yogya ini? Kalau iya, ada beberapa fakta yang harus kamu tahu tentang gudeg. Apa saja, tuh? Simak di bawah ini, ya!

makanan khas yogyakarta, makanan khas, makanan khas yogya

Dok. Pinterest (@tastemade)

  1. Ada Sejak Abad ke-16

Konon, waktu Kerajaan Mataram membelah hutan di abad ke-16, mereka menemukan banyak sekali pohon nangka dan kelapa. Karena mereka membelah hutan tanpa pasokan pangan yang cukup, para prajurit mencoba membuat makanan dengan bahan yang ada di situ. Alhasil, nangka dan kelapa itu dimasak oleh para prajurit, menjadi asal usul adanya gudeg sebagai makanan khas Yogyakarta.

makanan khas yogyakarta, makanan khas, makanan khas yogyaDok. Pinterest (@dcqanita)

  1. Berasal dari kata ‘Hangudek’

Saat para prajurit itu memasak nangka dan kelapa, mereka menggunakan pengaduk berukuran besar, seperti pendayung perahu. Mereka mengaduknya dengan ember yang terbuat dari logam dengan ukuran besar. Proses pengadukan itu disebut ‘hangudek’, yang menjadi asal usul nama Gudeg. Menarik sekali, ya, asal usul nama dari makanan khas yang satu ini!

  1. Bisa jadi Makanan Vegetarian

Bila kamu vegetarian, makanan khas Yogya ini tetap bisa kamu konsumsi. Kalau biasanya gudeg disajikan dengan ayam, telur, dan sambal krecek, kamu bisa konsumsi gudeg yang hanya terbuat dari nangka muda dan santan. Rasanya tetap enak, lho! 

  1. Punya Segudang Manfaat

Selain rasanya yang enak, makanan khas ini juga memiliki banyak manfaat. Nangka muda yang jadi bahan utama gudeg mengandung serat yang tinggi, bisa melancarkan pencernaan, dan membuat usus besar menjadi sehat. Selain itu, ada kandungan vitamin C tinggi yang bisa menjaga daya tahan tubuh, vitamin A untuk menyehatkan mata, dan ada banyak manfaat lainnya. Ternyata makanan khas Yogya ini banyak sekali manfaatnya. Jarang-jarang kan, bisa makan enak yang juga mengandung banyak manfaat? 


makanan khas yogyakarta, makanan khas, makanan khas yogya

Dok. Pinterest (@ikakfernando)

Wah, ternyata banyak fakta menarik tentang makanan khas Yogyakarta yang satu ini, ya! Gimana? Jadi makin ingin cepat-cepat menikmati gudeg, gak, sih?