makanan khas daerah, makanan khas makassar, traveling Indonesia

Fakta Unik Makanan Khas Daerah: Coto Makassar

Makassar adalah salah satu destinasi traveling Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Selain beragam keindahan alam, kamu juga bisa menikmati makanan khas Makassar yang enak-enak. Salah satu makanan khas Makassar yang wajib kamu coba ketika traveling Indonesia adalah coto Makassar. Sebelum menikmatinya, kamu perlu tahu fakta-fakta unik tentang makanan khas daerah yang satu ini. Apa saja fakta unik tersebut? Simak di bawah ini, ya!

  1. Makanan Kuah Paling Tua di Indonesia
makanan khas daerah, makanan khas makassar, traveling Indonesia

Dok. Pinterest (@piknikdong)

Konon, coto makassar sudah ada sejak abad ke-16, menjadikannya makanan berkuah paling tua di Indonesia. Makanan khas Makassar ini jadi hidangan di Kerajaan Gowa. Di zaman itu, bagian tenderloin dan sirloin daging sapi dikonsumsi oleh keluarga kerajaan, sedangkan pengikut kerajaan mengonsumsi bagian jeroan.

  1. Mengandung 40 Bahan Rempah
makanan khas daerah, makanan khas makassar, traveling Indonesia

Dok. Pinterest (@anggiegie)

Rampah patang puto adalah sebutan untuk 40 bahan rempah yang dicampur ketika membuat coto Makassar, beberapa diantaranya adalah cengkeh, sereh, kacang, kayu manis, kemiri, daun jeruk purut, pepaya muda, asam, dan bahan-bahan lainnya. Perpaduannya begitu unik, gak heran coto Makassar enak sekali, ya!

  1. Biasa Disantap dengan Buras
makanan khas daerah, makanan khas makassar, traveling Indonesia

Dok. Pinterest (@windu_e)

Makanan khas Makassar yang satu ini biasanya makin lengkap ketika dinikmati dengan buras. Buras adalah campuran beras, santan, dan sedikit garam yang kemudian dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. Tampilannya sangat mirip dengan lontong, tapi bedanya, buras mengandung santan dan rasanya lebih gurih.

  1. Mengandung Banyak Manfaat

Daging sapi yang terdapat pada coto Makassar memiliki banyak manfaat. Beberapa diantaranya adalah menjadi sumber vitamin B kompleks yang sehat untuk kesehatan pencernaan, mata, kulit, dan lainnya. Selain itu, daging sapi juga membantu meningkatkan perkembangan otot dan menjaga kekebalan atau imunitas tubuh.


Nyaam, jadi kepikiran pengen makan coto Makassar gak, sih? Makanan khas daerah yang satu ini memang paling bisa bikin tergiur, dan ternyata bukan cuma rasanya yang enak, melainkan ada pula manfaatnya. Sejarah di balik makanan khas daerah yang satu ini juga ternyata menarik sekali, ya! Makanan ini gak boleh kamu lewati ketika traveling Indonesia menuju kota Makassar.