Deretan Toko Batik Paling Legendaris di Yogyakarta

Saat berkunjung ke Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh berupa batik. Yup, Yogyakarta masih menjadi kota penghasil batik yang didominasi oleh warnacenderung cokelat, putih bersih, biru tua, serta hitam atau biru pekat. Zaman yang semakin berkembang namun beberapa otentiknya toko batik di bawah ini masih menjadi favorit hingga disebut-sebut sebagai toko batik paling legendaris di Yogyakarta.

1. Kampung Batik Ngasem 

Kampung Batik Ngasem merupakan suatu kawasan yang banyak terdapat toko yang menjual batik khas Yogyakarta. Berada dekat dengan Malioboro dan Kraton Yogyakarta, Kampung Batik Ngasem juga sering menjadi tempat wisata budaya. Tidak hanya menjual beragam jenis batik, pengunjung juga bisa membuat karya batik dengan bantuan ahli. 

 

2. Batik Yudhistira

Ingin mencari batik dengan konsep grosir, kami dapat mengunjungi Toko Batik Yudhistira. Toko Batik Yudhistira menyediakan beragam pakaian batik dengan harga yang sangat terjangkau. Berlokasi di Jalan Margo Mulyo Blok Los A No.23, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Toko Batik Yudhistira menyediakan pakaian, aksesoris, tas, hingga makanan khas Yogyakarta.

 

3. Batik Winotosastro

Telah berdiri sejak tahun 1940 ini menjadikan Batik Winotosastro termasuk sebagai toko batik yang legendaris di Kota Yogyakarta. Toko ini menyediakan beragam jenis kain, toko, dan aksesoris bertemakan batik khas Yogyakarta. Uniknya, di Toko Batik Winotosastro pengunjung juga dapat belajar membatik secara langsung dengan mendaftarkan diri pada kelas membatik. 

 

4. Paradise Batik

Toko Paradise Batik sudah buka sejak tahun 1983 sebagai perusahaan yang memperdagangkan batik corak kontemporer. Batik di Toko Paradise Batik bisa dikategorikan sebagai batik yang premium, sehingga kualitasnya tidak perlu lagi diragukan. Toko Paradise Batik berlokasi di Jalan Karanglo No.7, Purbayan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta.

 

5. Hamzah Batik

Toko Hamzah Batik berdiri sejak tahun 1979 di bahu Jalan Malioboro merupakan toko yang populer sebagai pusat batik dan oleh-oleh terbesar di Yogyakarta. Selain menyediakan beragam jenis batik khas Yogyakarta, Toko Hamzah Batik juga menyediakan lagu Gendhing Jawa dan dekorasi ala Kraton. Toko ini berada di Jalan Margo Mulyo No.9, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.