Deretan Olahraga Tradisional Khas Indonesia, Seru dan Menantang

Deretan Olahraga Tradisional Khas Indonesia, Seru dan Menantang

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya dan adat istiadatnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikannya masing-masing, salah satunya ialah olahraga tradisional. Yup, masing-masing daerah di Indonesia memiliki olahraga yang seru dan menantang. Bahkan diantaranya menjadi olahraga yang kerap dilakukan saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia lho. 

 

1. Karapan Sapi

Karapan sapi awalnya merupakan teknik untuk mengolah sawah. Berasal dari Madura, Karapan sapi kini semakin populer sebagai olahraga ekstrim yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Permainan ini membutuhkan dua ekor sapi yang diikat dan dipasangi bajak, kemudian sapi tersebut dikendalikan oleh joki dan menuntun mereka dari garis start ke akhir dengan jarak 100 meter.

 

2. Lompat Batu


Lompat batu menjadi permainan uji nyali yang umum dilakukan oleh anak laki-laki di Nias yang awalnya merupakan sebuah tradisi. Sama seperti namanya, lompat batu merupakan olahraga dengan cara melompati tumpukan setinggi dua meter. Pada wilayah Nias, lompat batu disebut juga dengan sebutan fahombo batu.

 

3. Pacu Jalur

Olahraga ini berasal dari Kepulauan Riau. Menggunakan bahasa setempat yang memiliki arti ‘perah’, olahraga ini dilakukan di permukaan air sehingga pacu jalur berarti pacu perahu. Kamu dapat mengikuti perlombaan pacu jalur jika memiliki perahu dengan ukuran panjang 25-40 meter serta lebar kisaran 1,3-1,5 meter dan mengumpulkan sebanyak 40-60 awak perahu.

 

4. Bakiak

Nggak banyak yang tahu jika bakiak merupakan olahraga asal Sumatra Barat. Bakiak merupakan permainan sandal raksasa yang dipasang selop pada bagian kaki yang biasanya dimainkan oleh 4-6 orang sehingga kekompakan tim sangat diperlukan dalam olahraga ini.