Deretan Makanan Manis Khas Betawi yang Masih Disukai Hingga Saat Ini

Deretan Makanan Manis Khas Betawi yang Masih Disukai Hingga Saat Ini

Membahas kebudayaan Betawi memang paling menarik! Dari mulai ondel-ondel sampai pakaian adatnya memiliki ciri khas tersendiri. Selain itu, Betawi juga memiliki berbagai beragam kuliner yang nggak kalah menarik lho.

Paling sering ditemui dan menjadi ciri khas dari Betawi adalah roti buaya, lalu ada asinan hingga kerak telor. Kali ini kuliner ingin membahas makanan khas Betawi, camilan yang sampai detik ini masih banyak dicari orang-orang.

Penasaran ada apa saja? Langsung aja lihat di bawah ini! 

1. Es doger

Makanan khas betawi

Dok. Pinterest.com

Makanan khas Betawi yang satu ini paling nikmat disantap siang hari saat teriknya matahari. Saat butuh minum yang segar-segar kamu bisa minum es doger. Berisi parutan es dengan kelapa, tape, ketan hitam serta susu kental. Rasanya hanya memakan 1 gelas takkan cukup ya!

2. Kue cucur

Makanan khas betawi

Dok. Pinterest.com

Sampai hari ini kue cucur masih sering dicari oleh banyak orang lho! Acungkan tangan kalau kamu suka dengan camilan yang satu ini! Kue cucur dibuat dari bahan dasar gula merah yang sangat lembut, uniknya di bagian pinggirnya terasa crunchy. 

3. Kue pancong

Makanan khas betawi

Dok. Pinterest.com

Makanan khas Betawi ketiga berupa jajanan yang sering banget kita temui di pasar-pasar tradisional. Paling nikmat disantap saat masih panas, yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut & santan kelapa. Untuk topping-nya biasanya menggunakan gula pasir.

4. Bir pletok

Makanan khas betawi

Dok. Pinterest.com

Bir pletok berasal dari Betawi. Berbeda dengan bir pada umumnya yang mengandung alkohol, bir pletok dibuat dari berbagai rempah-rempah seperti jahe serta serai. Diminum saat hangat ataupun dingin sama-sama nikmat!