Deretan Makanan Khas Jawa Timur Terpopuler

Deretan Makanan Khas Jawa Timur Terpopuler

Ngomongin Jawa Timur memang tidak lepas dari makanannya yang khas. Terdapat beberapa makanan Jawa Timur yang menarik untuk dicoba. Bumbunya yang kaya akan rasa menjadi keunikan tersendiri untuk makanan Jawa Timur sehingga selalu dirindukan oleh semua orang. Mulai dari pecel, soto hingga rujak, simak selengkapnya di bawah ini.

 

1. Rawon 

instagram.com/ niladriana

Rawon udah menjadi makanan ikonik Jawa Timur yang legendaris. Makanan ini memiliki cita rasa yang khas dengan kuah warna hitam yang berasal dari kluek, yaitu sejenis bumbu dapur. Rawon biasa disajikan dengan daging atau jeroan di kuahnya. Semakin nikmat menggunakan nasi putih hangat, kerupuk udang, taoge dan telur asin.

 

2. Tahu tek

instagram.com/ njajantok_sby

Tahu tek merupakan campuran dari tahu, kentang dan lontong yang semua bahan tersebut disiram dengan bumbu petis di atasnya. Tahu tek akan semakin sempurna dengan telur dadar dan kerupuk 

 

3. Soto Lamongan

instagram.com/pergikuliner

Beberapa daerah Indonesia memiliki soto khas masing-masing, termasuk Jawa Timur yang memiliki soto lamongan. Soto ini identik dengan kuah berwarna kuning, irisan ayam, seledri hingga telur di atasnya membuat lengkap dimakan bersama nasi putih. Soto Lamongan jadi beda dengan soto-soto lainnya karena menggunakan koya sebagai topping yang merupakan bubuk campuran kerupuk udang dan bawang putih.

 

4. Pecel Madiun

instagram.com/resepkoki

Pecel Madiun memiliki campuran berbagai macam sayuran yang direbus yang disiram dengan bumbu kacang dan rempeyek di atasnya. Pembedanya dengan pece lainnya yaitu bumbu pecel yang sedikit ada rasa manis menyelip di antara pedas, kemudian disajikan di atas pincuk dari daun pisang.

 

5. Lontong Balap

masakapahariini.com

Lontong Balap berasal dari Surabaya. Terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge dan kecap yang disiram dengan kuah khas. Melengkapi penyajian lontong balap biasanya menggunakan sate dan lentho atau semacam gorengan dari kacang tolo.

 

6. Sego Tempong

instagram.com/cicikuliner

Makanan ini merupakan salah satu kebanggaan Banyuwangi. Tempong yang berarti tampar, diibaratkan memakan sego tempong mempunyai sambal yang pedas seperti ditampar. Sego tempong memiliki isi berupa bayam, kubis, kenikir, tahu tempe goreng, ikan asin dan sambal.

 

7. Rujak Cingur

instagram.com/pergikuliner

Rujak Cingur merupakan perpaduan dari rujak dengan tambahan cingur di atasnya. Cingur merupakan bagian hidung dari sapi yang sudah direbus. Makanan khas Surabaya ini berupa campuran tempe, tahu, timun, nanas, lontong, sayuran, bumbu kacang serta petis.