Bikin Bangga! Ini Berbagai Macam Keberagaman Budaya yang Ada di Indonesia

Bikin Bangga! Ini Berbagai Macam Keberagaman Budaya yang Ada di Indonesia

“Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua.”

Semboyan tersebut memang sudah menjadi motto Indonesia sejak lama. Bukan tanpa sebab, Indonesia dikenal memiliki berbagai jenis ras, suku, dan agama. Hal inilah yang membuat Indonesia memiliki berbagai macam budaya yang tak hanya unik, namun juga indah hingga sukses mencuri perhatian masyarakat dunia. 

Per tahun ini, tercatat ada 37 provinsi di Indonesia. Maka, tak heran jika Indonesia mempunyai keberagaman budaya yang bikin bangga. Apa saja keberagaman budaya tersebut?

1. Pakaian Tradisional

keberagaman budaya

Sebelum adanya tren fashion dunia, Indonesia telah lebih dulu memiliki pakaian adat atau pakaian tradisional yang mencerminkan identitas tiap daerahnya masing-masing. Walaupun kerap digunakan ketika ada acara atau upacara adat, tak jarang para warga lokal kerap menggunakannya untuk sehari-hari. Ada ulos dari Sumatera, baju bodo khas suku Bugis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau baju adat dari daerahmu apa nih?

2. Bahasa Daerah

keberagaman budaya

Lain daerah, lain pula bahasanya. Ini juga salah satu hal yang membuat Indonesia menjadi unik dan keren di mata dunia. Tercatat ada ratusan bahasa daerah yang ada di Indonesia. Bahasa daerah ini pun masih kerap digunakan oleh masyarakat setempat, lho. Kalau kamu, apa bahasa daerah yang kamu kuasai?

3. Rumah Adat

keberagaman budaya

Keberagaman budaya Indonesia lainnya adalah rumah adat. Rumah adat sendiri merupakan refleksi dari budaya dan karakteristik daerah masing-masing. Hingga kini, rumah adat masih sering digunakan untuk upacara adat, lho. FYI, beberapa contoh rumah adat antara lain adalah rumah Joglo khas Jawa Tengah, rumah panjang khas Kalimantan Barat, rumah adat limas dari Sumatera Selatan, dan masih banyak lagi.

4. Tarian Tradisional

keberagaman budaya

Jika kamu sering mengikuti kegiatan seni saat di bangku sekolah, mungkin tarian daerah atau tarian tradisional jadi salah satu hal yang sering kamu tekuni. Tarian tradisional sendiri mempunyai tujuan yang berbeda-beda lho. Ada yang untuk menyambut tamu agung, ada yang untuk menyambut panen, ada juga yang kerap digunakan saat ada upacara adat.

5. Upacara Adat

keberagaman budaya

Tiap daerah di Indonesia tentu memiliki adat istiadat masing-masing yang memiliki nilai-nilai tersendiri bagi masyarakatnya. Ini sebagai bentuk penghargaan terhadap budaya yang mereka miliki sekaligus untuk menghormati para leluhurnya. 

6. Lagu Daerah

keberagaman budaya

Saat di bangku sekolah dasar, pasti kamu dikenalkan dengan berbagai lagu dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan, Jali-Jali dari DKI Jakarta, hingga Gundul Pacul dari Jawa tengah dan masih banyak lagi. Deretan lagu-lagu ini juga jadi bukti kalau keberagaman budaya Indonesia tak perlu diragukan.

7. Makanan Khas

keberagaman budaya

Berbicara soal berbagai daerah di Indonesia, tentu tak lepas dari makanan khas dari daerah tersebut. Indonesia memiliki segudang wisata kuliner yang dijamin membuat lidah bergoyang. Mulai dari yang manis, gurih, pedas, semua bisa kamu temukan di Indonesia.