Asal Usul Pancasila Indonesia : Kapan Dibuatnya & Pakai Bahasa Apa?

Asal Usul Pancasila Indonesia : Kapan Dibuatnya & Pakai Bahasa Apa?

Ngomongin soal Pancasila, kayaknya nggak bisa lepas dari kita, nih, sebagai warga Indonesia. Tapi, apakah kamu udah tau sejarah seru dibalik kata-kata Pancasila, bahkan pemilihan bahasanya ? Yuk, simak!

Di saat Pancasila belum lahir, banyak sekali pemikiran dan ideologi yang tersebar di Indonesia. Ada banyak yang berkeliaran, dari yang pro-kapitalis sampai yang lebih condong ke sosialis. 

Di tengah gejolak pikiran, lahirlah ide dari founding fathers kita, yang nggak lain adalah Bapak Soekarno, Hatta dan yang lainnya. Mereka ingin merumuskan satu prinsip yang bisa menggabungkan semua perbedaan di Indonesia?

Pada tanggal 1 Juni 1945, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Soekarno ngeluarin konsep dasar negara kita yang dikenal dengan nama Pancasila. 

Nah, Pancasila ini sebenarnya berasal dari dua kata, yaitu "Panca" yang artinya lima dan "Sila" yang artinya prinsip. Pancasila itu seperti lima prinsip kehidupan di Indonesia.

pancasila berasal dari bahasa

pinterest.com

Lima prinsip itu adalah: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 

Kamu juga mungkin penasaran, 'Kok bahasa Pancasila ini seperti bahasa asing ya?' Nah ini dia, rahasianya! 

Kata "Pancasila" ini berasal dari bahasa Sansekerta, yang juga jadi basis untuk bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Jadi, bisa dibilang Pancasila itu kayak bahasa pribumi yang waktu itu sering digunakan oleh masyarakat pada masanya.

Nah gimana? Udah gak penasaran lagi kan? Pantengin terus blog Telusur Kultur untuk informasi menarik seputar sejarah Indonesia lainnya!