Anti Luntur, Begini Cara Mencuci Kemeja Tie-Dye yang Benar

Anti Luntur, Begini Cara Mencuci Kemeja Tie-Dye yang Benar

Tie-dye itu adalah detail warna-warni pada pakaian yang dihasilkan dari teknik ikat-celup. Cara pembuatan warna yang seru akan menghasilkan pakaian yang menarik. Sudah nge-trend sejak tahun 60-an, tie-dye merupakan salah satu tren ikonik dari gaya hippies. Seiring perkembangan dunia fashion, motif tie dye semakin diminati banyak orang dan jadi motif yang ikonik banget untuk musim panas. Kini motif tie-dye sudah sering ditemukan pada berbagai fashion item, mulai dari tas, bandana, celana, kaus, tak terkecuali kemeja.

Jika kamu memiliki kemeja tie-dye jangan lupa untuk merawatnya dengan benar. Salah satu perawatan pada kemeja tie-dye yang mudah dilakukan ialah dengan cara mencucinya. Kemeja tie-dye akan lebih awet dan tidak luntur jika kamu mencuci dengan cara khusus. Nggak sulit kok mencuci kemeja tie-dye. Simak beberapa tips cara mencuci kemeja tie-dye yang telah Telusur Kultur rangkum di bawah ini.

 

1. Pisahkan kemeja tie-dye dengan pakaian lain

pinterest.com

Sebelum mencuci sebaiknya pisahkan kemeja tie-dye dari pakaian lainnya. Hal ini untuk menghindari baju rusak akibat warna kemeja yang luntur. Apalagi jika kemeja tie-dye milikmu masih dibuat dengan bahan-bahan natural. Memisahkan kemeja tie-dye dengan pakaian lain bisa menjadi langkah pencegahan hal tersebut terjadi.

 

2. Cuci menggunakan tangan

pinterest.com

Walau kini teknologi sudah canggih, sebaiknya cuci kemeja tie-dye menggunakan tangan. Hal ini sangat berguna sehingga kamu bisa mengontrol kecepatan dan banyaknya detergen yang dipakai serta tekanan saat proses mencuci. Saat proses mencuci, kemeja tie-dye nggak perlu dikucek dan peras. Cukup celup lalu angkat secara berulang sampai sabun detergen bersih secara sempurna.

 

3. Gunakan sikat halus untuk bersihkan noda

apetogentleman.com

Jangan panik ketika terdapat noda membandel pada kemeja tie-dye. Pada proses mencuci, gunakan sikat halus untuk menghilangkan noda pada kemeja tie-dye. Kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas atau sikat khusus mencuci yang memiliki bulu harus. Sikat halus kemeja tie-dye secara perlahan untuk membersihkan noda membandel pada baju hingga noda tersebut hilang. Jika sudah kamu bisa mencuci seperti biasa.

 

4. Air mengalir untuk sabun

thesprunce.com

Terdapat sisa sabun yang menempel pada kemeja tie-dye, kamu bisa membersihkannya dengan mencelupkan ke air bersih. Sebaiknya gunakan air mengalir sehingga sabun lebih bersih secara menyeluruh pada kemeja tie-dye.

 

5. Hindari matahari langsung

pinterest.com

Saat ingin menjemur kemeja tie-dye, kamu nggak perlu menggunakan sinar matahari langsung lho. Sinar matahari langsung mampu membuat warna pada kemeja tie-dye lebih cepat memudar. Cukup angin-anginkan kemeja tie-dye hingga kering sehingga bisa mempertahankan warna kemeja tie-dye supaya tidak pudar.