Agar Tidak Mudah Luntur, Ini  5 Cara Mencuci Baju Batik yang Benar

Agar Tidak Mudah Luntur, Ini 5 Cara Mencuci Baju Batik yang Benar

Baju batik sepertinya menjadi salah satu fashion item andalan banyak orang. Apakah kamu salah satunya? Dipakai untuk acara formal maupun ke kantor, baju batik memang selalu siap memberi kesan rapi sekaligus menawan pada penampilan. Tapi, nyatanya perawatan baju batik cukup tricky. Eits, tapi bukan berarti sulit, lho. 

Agar baju batik favoritmu selalu terlihat on point dan tidak lusuh ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencuci dan merawatnya. Simak di bawah ini!

1. Perhatikan suhu air

baju batik

Suhu air berpengaruh terhadap kain baju batik yang kamu miliki. Jika baju batik tidak terkena noda, kamu bisa menggunakan air biasa atau air dengan suhu normal. Namun, jika baju batik kamu terkena noda, gunakanlah air hangat guna membuat kotoran lebih muda terangkat. 

2. Cuci dengan tangan

baju batik

Rules pertama dalam mencuci baju batik adalah cuci baju batik dengan menggunakan tangan. Ini berguna untuk menjaga agar serat kain baju batik tetap awet. Tidak perlu menggosoknya dengan sekuat tenaga, cukup kucek pelan baju batik dan jangan terlalu lama direndam. 

3. Gunakan sabun khusus

baju batik

Tips yang satu ini pasti tidak asing lagi. Jangan pernah gunakan detergen biasa untuk mencuci baju batik. Hal ini bisa membuat warna dari baju batik luntur atau memudar. Oleh karena itu, gunakanlah deterjen cair khusus batik atau lerak yang akan membersihkan baju batik dengan baik dan membuat warnanya tetap awet. Jika tidak memilikinya, kamu bisa menggunakan sabun mandi atau sampo.

4. Jangan diperas

baju batik

Setelah mencuci baju batik, pastikan untuk tidak memerasnya. Memeras baju batik dapat membuat serat kain menjadi mudah rapuh sehingga merusak baju. Selain itu, hal ini juga dapat membuat baju batik menjadi kaku. Cukup tiriskan air dan jemur. Tapi ingat, jangan jemur di bawah sinar matahari secara langsung ya!

5. Hindari menggunakan pewangi

baju batik

Ada baiknya kamu tidak menggunakan terlalu banyak bahan kimia pada baju batik, seperti pewangi, pemutih, hingga parfum. Bahan kimia tersebut berpotensi dapat merusak warna baju batik. Jadi, hindari penggunaannya secara langsung pada baju batik ya!