12 Makanan & Minuman Khas Betawi yang Paling Nikmat

12 Makanan & Minuman Khas Betawi yang Paling Nikmat

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan budaya dan keberagaman dari berbagai suku, tak terkecuali Betawi. Selain terkenal sebagai ibu kota Indonesia yang memiliki tradisi yang unik, DKI Jakarta juga populer dengan kulinernya. Yup, makanan khas Betawi memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dari masakan dari daerah lainnya. Terdapat 12 makanan dan minuman khas Betawi yang wajib kamu coba. Selengkapnya simak di bawah ini.

1. Kerak telor

instagram.com/dad_dish

Makanan pertama khas Betawi yang wajib kamu coba ialah kerak telor. Kerak telor terbuat dari ketan putih yang dicampur dengan telur ayam atau bebek, lalu ditambahkan taburan ebi kering. Makanan ini semakin banyak ditemui menjelang momen ulang tahun DKI Jakarta.

 

2. Roti buaya

instagram.com/caprotibuaya

Makanan satu ini pasti ada saat acara pernikahan Betawi. Roti buaya merupakan makanan khas Betawi yang bentuknya menyerupai buaya. Biasanya roti buaya memiliki panjang sekitar 50 sentimeter.

 

3. Nasi uduk Betawi

instagram.com/mybrand_idn

Biasa dijadikan sebagai menu sarapan, nasi uduk Betawi biasanya memiliki rasa yang gurih karena menggunakan tambahan santan. Saat makan nasi uduk Betawi akan terasa semakin nikmat dengan tempe orek, kerupuk dan sambal.

 

4. Nasi ulam Betawi

instagram.com/psnovi

Makanan satu ini seperti serupa namun tak sama dengan dengan nasi uduik. Jika nasi uduk menggunakan santan, nasi ulam hanya menggunakan rempah-rempah seperti serai, jahe, lengkuas dan daun salam. Nasi ulam disajikan dengan taburan bubuk kacang tanah, bihun, serundeng, kerupuk, emping, daun kemangi, mentimun, dan lauk pilihan lainnya.

 

5. Soto Betawi

instagram.com/intankarinaijo

Soto Betawi juga menjadi favorit masyarakat DKI Jakarta dan para wisatawan yang datang ke ibu kota. Soto Betawi biasa dihidangkan menggunakan santan dengan isi soto terdiri dari daging sapi, tomat, emping dan rempah-rempah lainnya. Jeroan, ati, ampela, dan berbagai organ sapi lainnya juga bisa menjadi pilihan pengganti daging sapi.

 

6. Asinan Betawi

instagram.com/waroenkukhti 

Asinan Betawi memiliki rasa yang segar, tidak heran jika makanan satu ini sering menjadi andalan saat musim panas. Asinan Betawi menggunakan campuran sayur sawi, taoge, tahu, kol, dan selada yang dicampur dengan kuah bumbu kacang dan cuka. Saat makan asinan Betawi semakin nikmat jika dilengkapi dengan kerupuk mie warna kuning dan taburan kacang tanah.

 

7. Semur jengkol

instagram.com/ayudiahrespatih

Mayoritas masyarakat Betawi sudah tidak asing dengan makanan satu ini. Yup, Semur jengkol biasa disajikan dalam bentuk kering atau basah dengan cara dimasak dengan merebus jengkol bersama bumbu spesial sampai empuk. 

 

8. Gado-gado Betawi

instagram.com/luxephoto.id

Selain enak, gado-gado Betawi juga salah satu makanan yang sehat karena terbuat dari campuran berbagai macam sayuran, seperti taoge, selada, mentimun, tahu, tempe, dan kentang rebus yang disiram kuah kacang. 

 

9. Putu mayang

instagram.com/resepkuedapur

Selain makanan berat, camilan khas Betawi juga nggak kalah menarik untuk dicoba. Salah satunya ialah putu mayang. Makanan ini terbuat dari tepung kanji dan dibentuk seperti gulungan mie.

10. Soto Tangkar

Makanan khas betawi

Dok. Pinterest.com

Berbeda dengan soto Betawi, meski sama-sama soto namun makanan khas yang satu ini terdiri dari iga sapi & daging sapi bagian sandung lamur. Untuk bumbunya menggunakan rempah serta santan. Nikmatnya dimakan dengan sepiring nasi hangat.

11. Lontong Sayur Betawi

Makanan khas betawi

Dok. Pinterest.com

Makanan selanjutnya biasa disantap pada waktu pagi hari, lontong sayur Betawi berisikan lontong yang dipotong-potong dengan kuah santan berisikan sayur labu siam, telur, tempe & tahu serta kerupuk yang ditaruh di atasnya. 

12. Bir Pletok

Makanan khas Betawi

Dok. Pinterest.com

Minuman khas Betawi berisikan berbagai rempah-rempah salah satunya cengkeh, biji pala, kapulaga & kayu manis. Biasanya minuman yang satu ini menjadi pendamping roti. Bir Pletok juga dapat menghangatkan tubuh lho!