7 Rekomendasi Film Horor Indonesia Ikonik dari Masa ke Masa

7 Rekomendasi Film Horor Indonesia Ikonik dari Masa ke Masa

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Indonesia juga memiliki popularitas dalam industri perfilman. Indonesia, tak terkecuali film horor. Yup, terdapat banyak film horror yang popular dari masa ke masa. Beberapa diantaranya berhasil mencetak sejarah hingga menjadi pilihan film horor yang ditonton hingga kini.

1. Sundelbolong (1981)

Film yang dibintangi Suzana merupakan salah satu film horror ikonik sepanjang masa. Sang Ratu Horor Indonesia ini melegenda berhasil membuat penonton kaget dan ketakutan melihat adegan memakan ratusan tusuk sate dan satu panci besar soto itu.

Tokoh utama film, Alisa, adalah mantan pekerja seks komersial. Setelah melangsungkan pernikahan dengan Hendarto kehidupannya seolah berjalan mulus. Sampai ketika, hadirlah Rudi yang naksir Alisa dan ingin meminangnya. Setelah penolakan yang dialaminya, Rudi merasa sakit hati kepada Alisa dan merancang rencana jahat untuk membalas dendamnya. Singkat cerita, setelah hidupnya terasa hancur Alisa bunuh diri dan menjadi hantu Sundel Bolong lantas membalaskan dendamnya satu persatu.

 

2. Kuntilanak (2006)

Walaupun terus bermunculan film berjudul Kuntilanak di Indonesia, film yang rilis di tahun 2006 ini masih jadi salah satu film legend. Film yang dibintangi oleh Julie Estelle ini berkisah tentang Samantha yang memiliki kemampuan magis untuk memanggil kuntilanak yang akan melakukan perintahnya jika dipanggil. . Film ini kemudian ditutup dengan usaha Sam untuk menghentikan keluarnya Kuntilanak pada cermin-cermin yang menjadi portalnya.

 

3. Rumah Dara (2010)

Rumah Dara adalah film horor jagal dari Indonesia yang dirilis pada tanggal 22 Januari 2010. Film ini dibintangi oleh Shareefa Daanish dan Julie Estelle sebagai tokoh utama. Rumah Dara berkisah mengenai sekelompok pemuda-pemudi yang terjebak di rumah milik seorang pembunuh misterius yang bernama 'Dara'. Saking populernya, film ini sukses memenangkan Film Indonesia Terbaik dalam Jakarta International Film Festival pada tahun 2010.

 

4. Pengabdi Setan (2017)

Film ini terinspirasi dari Pengabdi Setan yang rilis tahun 1980. Pengabdi Setan yang rilis tahun 2017 ini berhasil mendapat berbagai sorotan berkat jalan cerita dan para actor dan aktris yang totalitas. Salah satu film Joko Anwar ini berhasil meraup lebih dari 4 juta penonton hingga ditayangkan di 42 negara.

 

5. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film Joko Anwar lainnya, Perempuan Tanah Jahanam atau Impetigore dibintangi oleh Tara Basro, Aghiny Haque dan Asmara Abigail. Meraih prestasi di dalam dan luar negeri, film ini bahkan direkomendasikan aktor Hollywood, Kumail Nanjiani, lewat Twitter-nya.

 

6. Danur (2017)

Danur merupakan film horor Indonesia yang dirilis pada 30 Maret 2017 dan disutradarai oleh Awi Suryadi. Film ini diangkat dari buku karya Risa Saraswati berjudul Gerbang Dialog Danur yang ditulis berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai seorang gadis indigo. Dibintangi oleh Prilly Latuconsina, film ini mampu meraup lebih dari 2 juta penonton.

 

7. KKN di Desa Penari (2022)

KKN di Desa Penari merupakan salah satu film terlaris sepanjang tahun 2022. Film ini berawal dari kunjungan sekelompok mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah desa penari. Namun, tempat yang mereka pilih berbeda dengan desa-desa lainnya. Salah satu di antaranya ada yang melanggar peraturan di desa tersebut yang akhirnya menjadi pengalaman menyeramkan bagi mereka.