7 Motif Batik Nusantara Terpopuler

7 Motif Batik Nusantara Terpopuler

Batik adalah budaya warisan Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Terdapat ratusan motif batik nusantara yang khas dari berbagai kota di Indonesia. Nggak hanya sekadar motif, batik nusantara memiliki filosofi masing-masing yang membuat batik semakin spesial dan sakral. 

Popularitas batik nusantara kini telah dikenal hingga luar negeri dan menjadi incaran penggemar budaya Indonesia. Terdapat beberapa motif batik nusantara yang sangat populer, bangkah nggak jarang jadi favorit para turis asing lho.

 

1. Batik Parang Kusumo 

Kota Solo terkenal sebagai salah satu kota batik di Indonesia yang menghasilkan banyak macam macam batik Nusantara berbagai motif. Salah satu jenis batik terkenal dari Solo adalah batik parang kusumo, yakni batik yang memiliki motif menyerupai gulungan ombak lautan. Motif tersebut mengandung filosofi bahwa hidup dilandasi oleh perjuangan dan usaha untuk mencapai kemakmuran lahir batin dengan mengindahkan nilai-nilai kebudayaan Jawa.

 

2. Batik kawung

 Desainnya yang klasik terinspirasi dari bentuk buah kawung atau buah aren. Batik kawung merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia yang memiliki makna yang sakral. Pada zaman dulu, batik kawung hanya boleh digunakan untuk raja dan permaisuri namun kini hadir dalam berbagai pakaian sehari-hari.

 

3. Batik songan

Batik yang berasal dari Solo dan Yogyakarta ini memiliki ciri khas berwarna cokelat dengan kombinasi gambar bunga, titik-titik, lengkungan dan garis di dalam motifnya. Sudah ada sejak zaman dulu, batik songan biasanya digunakan oleh raja-raja di Keraton hingga kini jadi incaran pecinta batik di kawasan Asia dan Eropa.

 

4. Batik nusantara motif ceplok 

Batik nusantara motif ceplok identik dengan gambar pengulangan yang alurnya geometris. Motif ini menjadi salah satu yang populer hingga biasa ditemukan pada baju, kemeja, rok hingga tas.

 

5. Batik tambal 

Sesuai namanya, batik tambal menyerupai kain tambalan yang terlihat dari motifnya menyerupai kain yang ditambal seperti patchwork dari berbagai kain perca. 

 

6. Batik Ulamsari Mas

Batik ulamsari mas memiliki motif ikan dan utang yang merupakan mata pencaharian masyarakat nelayan Bali. Makna yang terkandung dari batik ini adalah kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat di pesisir pantai.

 

7. Batik motif mega mendung

Batik khas dengan berwarna biru di atas langit yang cerah mampu memberikan kesan ceria ketika dipakai. Berasal dari Cirebon, batik motif mega mendung sudah jadi salah satu yang favorit hingga ke luar negeri.