7 Makanan Khas Jawa Barat yang Terkenal Enak

7 Makanan Khas Jawa Barat yang Terkenal Enak

Sudah bukan rahasia jika Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam budaya dan tradisi yang unik. Selain sering menjadi destinasi liburan yang dekat dengan ibu kota, Jawa Barat juga terkenal dengan makanan yang khas. Terdapat beberapa makanan khas Jawa Barat yang terkenal enak dan nikmat. Makanan ini sangat populer hingga tersebar di berbagai darah lain di Indonesia.

 

1. Nasi Timbel 

endeus.tv

Nasi timbel adalah hidangan tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari nasi yang dipadatkan, digulung, dan dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus hingga empuk. Nasi timbel biasanya disajikan dengan berbagai lauk, seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu, tempe, sayuran, sup dan tambahan sambal. Pada beberapa restoran Sunda, nasi timbel disajikan dengan cara dibakar hingga aroma daun pisang semakin kuat.

 

2. Kupat Tahu 

rasabunda.com

Kupat tahu adalah makanan khas Jawa Barat yang terdiri dari ketupat, tauge, tahu goreng dengan bumbu kacang. Kupat tahu disajikan dengan saus kacang dan kecap manis dan ditambahkan perasan jeruk nipis dan ditaburi kerupuk udang. Makanan ini umumnya disajikan untuk sarapan.

 

3. Batagor 

selerasa.com

Salah satu jajanan khas Jawa Barat adalah batagor yang merupakan akronim dari bakso, tahu goreng. Makanan ini terdiri dari pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus pedas tradisional. Ikan yang paling umum digunakan untuk membuat hidangan ini adalah ikan tenggiri namun tidak jarang ada yang menggunakan ikan tuna, mackerel, dan udang. Selain digoreng, terdapat varian berbeda yaitu batagor kuah yang menggunakan kaldu bening yang berasal dari rebusan kaldu ayam. Batagor rebus semakin nikmati dengan saus cabai, saus tomat, dan jeruk nipis. 

 

4. Empal Gentong

graved.com 

Empal gentong adalah makanan khas Jawa Barat, tepatnya dari Cirebon. Biasanya empal gentong dimasak dalam pot yang terbuat dari tanah liat hingga menciptakan rasa yang berbeda dan lebih nikmat. Empal gentong terdiri dari kombinasi daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, pala, santan, kecap manis, cengkeh, serai, dan daun jeruk purut. Sebelum disajikan, empal gentong dihiasi dengan daun bawang kuchai sehingga memberikan rasa tambahan nikmat pada empal gentong.  

 

5. Karedok

tastemade.com

Karedok adalah makanan khas Jawa Barat berisikan macam-macam sayuran. Serupa tak sama dengan gado-gado, karedok menggunakan bahan-bahan segar dan mentah yang diiris dan disajikan dengan saus kacang tradisional. Sayuran pada karedok berupa mentimun, kol, kacang hijau, kemangi, tauge, dan terong. Masyarakat Jawa barat biasa menyajikan karedok dengan nasi, tahu, tempe dan kerupuk udang.

 

6. Cilok 

masakapahariini.com

Cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Makanan khas Jawa Barat ini merupakan bola-bola kenyal berbahan dasar tepung tapioka atau biasa disebut aci yang ditambahkan udang kering, bawang putih, dan daun bawang. Cilok biasa disajikan dengan saus kacang, kecap manis, sambal, saus sambal botol atau bahkan dalam sup.

 

7. Pepes Tahu 

sweetrip.id

Pepes tahu terdiri dari tahu yang telah dibumbui, dikukus dan dimasak dalam daun pisang. Makanan Jawa Barat ini menggunakan bahan-bahannya berupa tahu, paprika, daun bawang, dan bumbu terasi yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, gula, garam, dan cabai rawit. Sebagai alternatif, pepes tahu dapat dipanggang.