7 Jenis Motif Batik Populer Asal Jawa Barat

7 Jenis Motif Batik Populer Asal Jawa Barat

Batik merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia yang memiliki berbagai macam varian. Setiap daerah memiliki jenis batik dengan ciri khasnya masing-masing, termasuk Jawa Barat. Terdapat beberapa jenis batik populer yang berasal dari Jawa Barat. Simak selengkapnya di bawah ini

 

1. Cirebon memiliki jenis motif batik yang bernama megamendung. Motif ini memiliki gambar layaknya sebuah awan dengan warna cerah yang melambangkan letak Cirebon. Batik ini bermakna lambang kesuburan dan pem­beri kehidupan.

 

2. Jenis batik Jawa Barat berikutnya hadir dari daerah Garut yang disebut batik tulis garutan. Kain ini biasanya dipakai untuk sinjang, atau kain yang dipakai untuk menggendong bayi. Motif batik Jawa Barat yang dihadirkan dari batik garutan sangat beragam dengan ciri khas bentuk geometris dan flora fauna. Bentuk geometris umumnya mengarah ke garis diagonal dan bentuk kawung atau belah ketupat. Warnanya didominasi oleh warna krem dipadukan dengan warna-warna cerah yang menjadi karakteristik batik garutan. 

 

3. Berasal dari daerah Ciamis, Jawa Barat, terdapat  tiga motif yang populer, ciung wanara, batu hiu dan galuh pakuan merupakan gambaran dari kerajaan Galuh yang berjaya di Jawa Barat pada masanya. Motif ciung wanara diambil dari sejarah perebutan kekuatan di Ciamis oleh tokoh bernama yang sama. Sedangkan motif galuh pakuan, diambil dari gagang keris Raja Galuh. Sementara motif batu hiu diambil dari pariwisata di Pangandaran.

 

 

4. Batik Cianjur sudah ada sejak tahun 1920. Ketika itu, pernah ada pengrajin batik yang berada di Kelurahan Bojongherang dan kain Poleng yang terkenal di daerah Sindanglaka, Karangtengah. Batik Jawa Barat ini khas dengan menggambarkan hasil pertanian karena kehidupan masyarakat di sana yang agraris. Warna dan motifnya sangat bernuansa tumbuhan, Seperti pemakaian warna hijau dengan motif bulir padi.

 

5. Salah satu jenis motif batik Jawa Barat yang populer ialah dari Tasikmalaya. Daerah ini memang paling banyak menarik turis lokal hingga mancanegara karena kerajinan batiknya. Ada jenis batik yang terkenal, yaitu batik Priyangan dari Tasikmalaya. Motif batik Jawa Barat yang satu ini juga memiliki motif yang terinspirasi dari tumbuhan. Uniknya, motif dibuat lebih simetris dan menghasilkan pola-pola yang lebih rapi. Batik Jawa yang satu ini memiliki ciri khas warna terang tetapi tidak mencolok.

 

6. Bogor juga menjadi salah satu kota yang memiliki motif batik tersendiri dan tak boleh terlewatkan, seperti motif batik istana, motif baju batik kebun raya dan motif batik kujang. Warnanya pun cukup beragam dan dihadirkan dalam warna cerah yang tampak diberikan sentuhan modern.

 

7. Batik Majalengka juga cukup ikonik karena terinspirasi dari  kultur, hingga cerita rakyat Majalengka, batik Jawa Barat satu ini memiliki makna yang cukup mendalam. Makna yang mendalam ini juga karena motif batik yang dihadirkan diambil dari sejarah leluhur kota tersebut. Ada tiga gambar yang paling merajai, yaitu kujang, mahkota dan buah maja yang masing-masing memiliki makna tersendiri. Lambang kujang merupakan lambang dari kerajaan Padjadjaran. Mahkota sendiri merupakan mahkota Simbarkencana yang dikenakan oleh ratu dari kerajaan Singdangkasih. Sedangkan buah maja, adalah buah yang menjadi ciri khas dari kerajaan Singdangkasih.