7 Film Tentang Sejarah Indonesia yang Wajib Kamu Tonton

7 Film Tentang Sejarah Indonesia yang Wajib Kamu Tonton

 

Sejarah Indonesia merupakan salah satu hal yang harus diketahui seluruh masyarakat Indonesia. Selain sudah diperkenalkan sejak duduk di bangku sekolah, terdapat beberapa film yang menggambarkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan dan keadilan sosial. Film-film tersebut berhasil menjadi perbincangan dan masuk dalam daftar film terbaik Indonesia. 

 

1. Perburuan (2019)

youtube.com

Film tentang sejarah Indonesia pertama yang bisa kamu tonton ialah Perburuan. Film ini dirilis tahun 2019 yang yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis terkenal, Pramoedya Ananta Toer. Film Perburuan memiliki latar cerita perjuangan kemerdekaan Indonesia di era penjajahan Jepang.

Film Perburuan banyak menceritakan tentang pemberontakan pasukan PETA (Pembela Tanah Air) melawan Jepang. Dikisahkan, enam bulan setelah kegagalan pemberontakan PETA terhadap Jepang, Hardo yang diperankan Adipati Dolken kembali ke kampung halamannya di Blora. 

Namun, kehadirannya tercium oleh tentara Jepang dan ia pun kemudian dilacak dan dikejar. Menghindari kejaran, Hardo dan sejumlah orang lainnya menyamar menjadi pengemis dalam sebuah pengejaran selama satu hari dan malam menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 

2. Jenderal Soedirman (2015)

youtube.com

Film merupakan film biografi perjuangan Indonesia yang menceritakan tentang perjuangan Jenderal Soedirman pada masa kolonial Belanda di Indonesia. Pada film ini juga berfokus pada perjuangan Jenderal Soedirman yang mengalami sakit keras ketika melakukan perjalanan ke Selatan untuk misi gerilya selama tujuh bulan. Misi gerilya tersebut berhasil membuat pasukan Belanda kewalahan karena kehabisan logistik dan akhirnya menandatangani perjanjian Roem-Royen. Mulai dari momen tersebut Belanda mengakui kedaulatan bangsa Indonesia.

 

3. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta (2018)

youtube.com

Film bergenre kolosal ini menampilkan biografi tokoh Sultan Agung yang terkenal ambisius dan pemberani karena keputusannya untuk menyerang VOC Belanda. Selepas kepergian ayahnya, Raden Mas Rangsang yang kala itu masih kecil dinobatkan sebagai Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Film Sultan Agung tak hanya menampilkan cerita tentang perlawanan terhadap VOC, namun kisah  cinta antara Sultan Agung dengan Lembayung yang terpaksa kandas.

 

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

youtube.com

Film bertemakan perjuangan bangsa selanjutnya berjudul Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Film ini mengisahkan perjuangan HOS Tjokroaminoto dalam mendapatkan hak dan martabat masyarakat Indonesia. Film yang berlatar belakang pada masa penjajahan ini disutradarai oleh Garin Nugroho dan diperankan oleh Reza Rahadian sebagai pemeran utama. 

 

5. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

youtube.com

Film Soekarno: Indonesia Merdeka merupakan film biografi Presiden pertama Indonesia. Mengisahkan tentang perjuangan Kusno yang saat itu selalu mengalami ‘sakit-sakitan’ hingga akhirnya orang tuanya mengganti namanya menjadi “Soekarno”.

Tak hanya tokoh Soekarno, beberapa tokoh nasional lain juga ikut menjadi saksi perjuangan proklamasi seperti Mohammad Hatta dan Sjahrir.

Selain itu, pidato-pidato Soekarno yang penuh semangat pun juga turut dibacakan, yaitu salah satunya berjudul “Indonesia Menggugat”. 

 

6. Bumi Manusia (2019)

youtube.com

Film Bumi Manusia bercerita tentang kisah percintaan antara Minke, seorang pribumi Jawa dan Annelies Mellema, anak seorang tuan Belanda dari gundiknya, di masa pemerintahan Kolonial Belanda. Cinta Minke dan Annelies banyak mendapat hambatan, khsusnya dari masyarakat Belanda. Meski akhirnya berhasil menikah, hubungan cinta Minke tidak direstui baik oleh ayahnya yang seorang priyayi Jawa, dan pemerintah kolonial Belanda. Pemerintah kolonial bahkan berusaha merebut Annelies dari ibu dan suaminya dan mengirim wanita muda ini ke negeri Belanda. Namun, Minke dan Annelies mendapatkan dukungan dari Nyai Ontosoroh, ibu kandung Annelies.

 

7. Di Balik 98

youtube.com

“Di Balik 98” merupakan film yang menceritakan tentang masa-masa sulit bangsa Indonesia pada tahun 1998. Pada tahun tersebut terjadi krisis moneter dan kerusuhan yang cukup besar hingga merusak sejumlah bangunan di ibu kota, Jakarta. Mirisnya, masyarakat keturunan Tionghoa juga menjadi sasaran kerusuhan Mei 1998 itu.

“Di Balik 98” mengisahkan tentang detik-detik terakhir keruntuhan Orde Baru. Penonton akan diajak menyaksikan kejamnya kerusuhan di tahun tersebut melalui sudut pandang mahasiswi yang ikut berdemo.