6 Takjil Favorit yang Dicari Banyak Orang Saat Bulan Ramadhan

6 Takjil Favorit yang Dicari Banyak Orang Saat Bulan Ramadhan

Tidak terasa bulan Ramadhan 1444 H akan datang dalam waktu 2 minggu lagi! Biasanya kalau bulan puasa identik dengan takjil yang disantap saat berbuka puasa, mayoritas muslim sebelum mengonsumsi makanan besar pasti pilih makan-makanan kecil yang biasa disebut takjil.

Kali ini Telusur Kultur Kultur ingin merekomendasikan 6 takjil favorit yang harus kalian makan di bulan Ramadhan nanti. Dari kudapan asin seperti gorengan sampai dengan yang manis es kelapa simak di bawah ini ya! Kira-kira jajanan mana yang nggak pernah absen kamu beli saat bulan Ramadhan?

1. Kolak

Takjil favorit

Dok. Pinterest.com/yulyanparwatiphotography

Takjil favorit pertama yang nggak boleh terlewatkan saat bulan Ramadhan adalah kolak. Hampir seluruh muslim menyukai dengan takjil tersebut. Kolak terbuat dari kuah santan yang dicampur dengan gula merah berisikan buah pisang, ubi, kolang-kaling serta singkong. Bahan-bahan yang tak ribet, mudah banget buat sendiri bukan?

2. Gorengan tahu isi

Takjil favorit

Dok. Instagram.com/sarisari.jajanpasar

Makanan gurih yang nampaknya tak boleh absen dari meja maka adalah gorengan. Salah satu gorengan gurih yang enak banget adalah tahu isi. Tahu tersebut berisikan tauge & wortel lalu dibalut dengan tepung dan terakhir digoreng deh! Semakin sempurna tahu yang baru digoreng dimakan dengan rawit atau bumbu kacang.

3. Martabak telur

Takjil favorit

Dok. Instagram.com/martabakpecenongan78

Nggak lengkap rasanya kalau martabak telur tidak kamu makan saat bulan Ramadhan, takjil favorit ketiga ini juga bisa dijadikan lauk pendamping nasi putih lho! Teksturnya yang crispy terbuat dari adonan tepung terigu dan telur bebek / ayam dengan isi daging cincang dan daun bawang tak lupa disiram dengan kuahnya ya! Nyam jadi nggak sabar bertemu bulan Ramadhan.

4. Es buah

Takjil favorit

 Dok. Pinterest.com/AkhyarUsman

Sekarang saatnya membahas takjil favorit minuman segar! Seperti ada yang kurang ya jika memakan kudapan asin tapi tak ada minuman segar seperti es buah. Mudah banget lho kamu buat sendiri, tinggal persiapkan sirup, susu kental manis, buah naga, strawberry, melon, blewah, nata de coco, serta biji selasih. Dan yang terpenting jangan lupa berikan es batu! 

5. Risoles

Takjil favorit

Dok. Instagram.com/sarisari.jajanpasar

Risoles juga nggak kalah favorit di mata orang-orang! Untuk isinya pun macam-macam ada risoles yang isinya smoked beef, mayonaise & telur namun ada juga risoles daging cincang dan sayuran. Kulit yang kriuk-kriuk terbuat dari kocokan telur ayam serta tepung panir.

6. Es kelapa

Takjil favorit

Dok. Pinterest.com

Takjil favorit yang terakhir harus kamu hidangkan di atas meja makan adalah es kelapa. Usai adzan Magrib minum segelas kelapa dengan sirup serta susu kental manis, slurppp segar sekali!