6 Menu Makanan yang Tak Boleh Ketinggalan Saat Lebaran

6 Menu Makanan yang Tak Boleh Ketinggalan Saat Lebaran

Lebaran atau Idul Fitri merupakan salah satu perayaan agama yang sangat penting bagi umat Muslim di Indonesia. Di hari Lebaran, banyak masyarakat Indonesia yang menyajikan berbagai hidangan khas untuk merayakan momen ini. Berikut ini adalah beberapa makanan Lebaran khas Indonesia yang patut dicoba:

1. Ketupat

(Doc. Pinterest)

Siapa yang nggak tau ketupat? makanan khas Indonesia satu ini sangat populer pada saat Lebaran. Ketupat terbuat dari beras yang dikukus dalam anyaman daun kelapa. Hidangan ini biasanya disajikan dengan opor ayam atau rendang.

2. Rendang

(Doc. Pinterest)

Kalau makanan satu ini pasti banyak banget yang suka. Setuju gak? Rendang salah satu hidangan yang terbuat dari potongan daging sapi atau ayam yang dimasak dalam bumbu rempah yang kaya dan pedas. Rendang biasanya disajikan bersama nasi atau ketupat. 

3. Opor Ayam

(Doc. Pinterest)

Kalau sudah sedia ketupat, rasanya sangat aneh jika tak dipasangkan oleh menu opor ayam. Hidangan ini sangat populer pada saat Lebaran. Kalau kamu nggak suka ketupat, pakai nasi putih juga rasanya tetap enak. 

4. Sayur Lodeh

(Doc. Pinterest)

Sayur lodeh juga salah satu menu makanan yang nggak boleh ketinggalan saat lebaran. Hidangan ini biasanya terdiri dari kangkung, labu siam, dan tahu. Sayur lodeh biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi.

5. Sate

(Doc. Pinterest)

Hidangan ini terdiri dari potongan daging yang ditusuk pada tusuk sate, kemudian dibakar atau dipanggang. Sate biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau kecap manis.

6. Lemang

(Doc. Pinterest)

Siapa nih yang suka lemang? apakah lemang jadi wishlist menu makanan yang harus ada setiap lebaran? Lemang adalah hidangan ketan yang dimasak dalam buluh bambu. Hidangan ini biasanya disajikan dengan rendang atau serundeng.