5 Simbol Pancasila pada Burung Garuda dan Maknanya

5 Simbol Pancasila pada Burung Garuda dan Maknanya

Seluruh masyarakat Indonesia harus mengetahui bahwa Garuda Pancasila merupakan lambang negara Indonesia. Pancasila juga merupakan salah satu pilar penting yang harus ditaati setiap masyarakat Indonesia sehingga mampu menciptakan kehidupan layaknya semboyan bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Secara keseluruhan Garuda Pancasila melambangkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Pada Pancasila terdapat perisai yang memiliki 5 simbol, berikut simbol dan maknanya.

 

1. Bintang

 

Sila pertama Pancasila berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa" memiliki simbol bintang dengan lima sudut dan berlatar hitam. Sila pertama Pancasila mengajarkan untuk mengutamakan kehidupan beragama dan mempercayai Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga makna dari simbol bintang pada Pancasila yaitu Tuhan Yang Maha Esa sebagai cahaya bagi kehidupan manusia.

 

2. Tali Rantai Emas

Sila kedua Pancasila berbunyi "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab" yang memiliki simbol tali rantai emas dengan bentuk rantai bulat dan persegi. Pada sila ke-2 Pancasila mengajarkan untuk menghargai dan menghormati hak asasi manusia dan menciptakan keseimbangan sosial dan kerukunan di lingkungan sekitar sehingga makna yang terkandung dalam simbol rantai emas ini ialah manusia yang saling membutuhkan satu sama lain. 

 

3. Pohon Beringin

Sila ketiga Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia" memiliki simbol gambar pohon beringin. Makna pohon beringin ini adalah bangsa Indonesia menjadi tempat berteduh seluruh masyarakat Indonesia, dan mencerminkan persatuan dan kesatuan Indonesia sehingga sila ketiga Pancasila ini menjadi pedoman bagi rakyat Indonesia untuk menjaga keutuhan negara dengan menjunjung tinggi persatuan. 

 

4. Kepala Banteng

Sila keempat Pancasila yang berbunyi "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan" memiliki simbol berbentuk kepala banteng. Banteng menjadi simbol hewan yang kuat dan sering berkelompok atau berkumpul. Dapat diartikan simbol banteng pada Pancasila yaitu memiliki makna sebagai pengingat bahwa masyarakat harus bermusyawarah dan berkumpul untuk mengambil suatu keputusan. 

 

5. Padi dan Kapas

Sila ke-5 Pancasila yang berbunyi "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia" memiliki simbol padi dan kapas. Padi dan kapas adalah sumber kebutuhan bagi rakyat Indonesia. Padi sebagai simbol bahan pangan dan sumber penghasilan bagi rakyat Indonesia.Sedangkan kapas merupakan simbol bahan baku sandang yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia.