5 Rekomendasi Jajanan Pasar Rendah Kalori

5 Rekomendasi Jajanan Pasar Rendah Kalori

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan jajanan pasar. Yup, jajanan pasar Indonesia memang terkenal dengan kelezatan yang tidak dapat ditemui di makanan negara lain. Biasanya jajanan pasar dihidangkan dengan rasa manis hingga asin. Namun jika diteliti lebih dalam terdapat beberapa jajanan pasar yang memiliki tingkat kalori rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk kamu tengah menjalani diet atau mengontrol asupan kalori harian. Berikut beberapa rekomendasinya.

 

1. Kue Klepon Ubi

tastemade.com
Seperti namanya, kue klepon ini terbuat dari ubi jalar atau ubi ungu dengan campuran beras ketan kemudian dibentuk seperti bola kecil yang di dalamnya terdapat potongan gula merah yang ketika digigit akan lumer dalam mulut. Meski rasanya manis, namun klepon mengandung kurang lebih 125 kalori saja dengan beberapa kandungan baik, seperti zat besi, vitamin, dan magnesium yang bermanfaat bagi tubuh.

 

2. Pecel

rasaindonesia.com

Menggunakan bahan dasar sayuran, sudah dapat dipastikan jika pecel merupakan jajanan pasar dengan kalori yang rendah dengan 79 kalori untuk satu porsi pecel. Pecel terdiri dari rebusan kacang panjang, taoge, daun singkong, dan daun kemangi, sehingga mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

 

3. Tahu gejrot

resepku.com
Setiap 100 gram tahu gejrot hanya memiliki 98 kalori walau jumlah kalorinya tergantung pada ukuran dan cara pengolahan yang digunakan. Meski begitu, tahu gejrot masih tetap dianggap rendah kalori dengan tahu sebagai bahan dasarnya karena merupakan sumber protein nabati yang baik dan rendah lemak. 

 

4. Asinan

tastemade.com
Umumnya satu porsi asinan mengandung setidaknya 148 kalori. Selain rendah kalori, asinan, terutama asinan sayur merupakan sumber serat, vitamin A dan K, serta antioksidan.

 

5. Rujak Buah

tastemade.com
Makanan rendah kalori yang memiliki rasa perpaduan segar dan pedas kali ini adalah rujak buah yang kaya serat, vitamin, dan mineral seperti bengkoang, kedondong, mangga, jamu air dan lain-lainnya. Rujak buah diperkirakan hanya mengandung 120 kalori dengan tambahan bumbu cabai, gula kelapa, dan air jeruk nipis, memberikan rasa segar dan manis tanpa menambah banyak kalori.