5 Pulau Indonesia dengan Ukuran Terkecil

5 Pulau Indonesia dengan Ukuran Terkecil

Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara kepulauan paling banyak di dunia. Nggak hanya pulau dengan ukuran yang besar, Indonesia juga memiliki pulau-pulau dengan ukuran kecil. Bahkan pulau-pulau kecil tersebut dikaruniai keindahan alam yang menakjubkan. Berikut 5 pulau Indonesia dengan ukuran terkecil.

 

1. Pulau Simping


ksmtour.com

Pulau Simping terletak di wilayah Singkawang, Kalimantan Barat. Pulau ini sebelumnya disebut sebagai Kelapa Dua dan telah diakui oleh PBB sebagai pulau terkecil di dunia karena luasnya hanya 0,5 hektar. Pulau Simping menawarkan pemandangan bukit-bukit yang indah hingga tidak pernah pernah sepi pengunjung.

 

2. Pulau Samalona

explore.makassar.go.id

Samalona merupakan pulau kecil yang berada di dekat Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Pulau ini mengalami penyusutan dari tahun ke tahun hingga diperkirakan luas pulau tersebut berkisar 2 hektar saja. Turut dijadikan daerah wisatawan, pulau ini juga menyediakan jasa sewa alat-alat diving dan snorkeling lengkap dengan pemandu dengan harga sewa alat-alat snorkeling adalah sekitar 50 ribu sampai 100 ribu rupiah.

 

3. Pulau Macan

Sering dijadikan salah satu destinasi wisata dekat dengan Jakarta, Pulau Macan ternyata masuk ke dalam salah satu pulau terkecil di Indonesia lho. Memiliki luas hanya 0,8 hektar dengan hamparan pantai berpasir putih dan perairan jernih, Pulau Macan memang dirancang dengan konsep eco resorts village. 

 

4. Pulau Peucang

tnujungkulon.menlhk.go.id

Sebagai bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Peucang menawarkan banyak wisata alam. Terletak di Provinsi Banten, kamu bisa mencapainya dengan kapal dari pesisir Taman Nasional Ujung Kulon. Pulai ini menawarkan pantai pasir putih akan langsung memanjakan mata sesampainya hingga melihat satwa liar banteng di Cidaon dan badak bercula satu. 

 

5. Pulau Biawak

getlost.id
Sebelum dikenal sebagai pulau Biawak, lokasi ini sebetulnya sudah memiliki nama sendiri, yaitu pulau Rakit. Namun karena pulau ini menjadi habitat satwa biawak yang jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan, masyarakat lebih sering menyebutnya dengan sebutan Pulau Biawak.