5 Oleh-oleh Khas Jogja yang Lezat dan Wajib Dibawa Pulang!

5 Oleh-oleh Khas Jogja yang Lezat dan Wajib Dibawa Pulang!

Tidak lengkap rasanya jalan-jalan tanpa membawa pulang makanan khas daerah tersebut. Apalagi kalau kita pergi ke Jogja, kota yang punya banyak jenis makanan enak. 

Ditambah lagi, Jogja juga terkenal dengan harga makanannya yang affordable! Sayang banget kan kalau gak nyobain makanan khas Jogja yang enak-enak? 

Kalau kamu bingung pilih makanan khas yang harus dibeli untuk bawa pulang oleh-oleh makanan khas Jogja, langsung saja lihat 5 rekomendasi di bawah ini ya!

1. Bakpia

Makanan Khas Jogja

pinterest.com

Gak lengkap ke Jogja tanpa bawa pulang Bakpia! Bakpia sendiri adalah kue dari tepung terigu yang dipanggang dengan isian berupa kacang hijau dicampur gila. 

Gak cuma kacang hijau, sekarang ini banyak varian bakpia yang sangat enak. Mulai dari bakpia keju, cokelat, sampai durian.

2. Gudeg 

Makanan Khas Jogja

pinterest.com

Salah satu makanan khas Jogja lainnya yang cocok dijadikan oleh-oleh adalah gudeg, Gudeg sendiri adalah nangka muda yang dimasak dengan santan. Rasanya manis dan sangat gurih. Biasanya disajikan dengan nasi, ayam dan krecek pedas. 

Meski begitu karena gudeg adalah makanan bersantan, teman-teman harus lebih berhati-hati kalau mau membawanya pulang ke rumah ya. Pastikan gudeg dipacking dengan rapi agar tidak berubah rasa ya.

3. Keripik Belut

Makanan Khas Jogja

https://klatenkab.go.id/liburan-di-klaten-jangan-lupa-oleh-oleh-khas-klaten/keripik-belut/ 

Gak cuma gudeg dan bakpia, ada juga cemilan enak makanan khas Jogja yang wajib dibawa pulang, salah satunya keripik belut. Keripik belut adalah belut yang digoreng dengan tepung dan ditambah perasa. Rasanya gurih dan asin, sangat cocok dijadikan camilan yang mudah dibawa kemana-mana 

4. Yangko 

Makanan Khas Jogja

pinterest.com

Yangko adalah kue kenyal yang terbuat dari ketan. Rasanya sangar manis dan cocok dijadikan camilan. Yangko biasanya berisi kacang, namun punya tekstur yang lebih keras dan empuk. Berbeda dengan mochi yang agak sulit dikunyah, Yangko sangat mudah digigit dan dicerna. 

5. Peyek Tumpuk 

Berbeda dari rempeyek yang tipis, peyek tumpuk punya tesktur yang lebih tebal dan renyah. Peyek Tumpuk punya rasa garing dan gurih, cocok dijadikan camilan.